ANALISIS DAMPAK PERTAMBANGAN KARST TERHADAP HARMONI RUMAH TANGGA (Studi Kasus Desa Cikeusal Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon)

Muhammad Fadil, (2024) ANALISIS DAMPAK PERTAMBANGAN KARST TERHADAP HARMONI RUMAH TANGGA (Studi Kasus Desa Cikeusal Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon). Masters thesis, S-2 Hukum Keluarga Islam.

[img] Text
Tesis Muhammad Fadil (2286040008) Cover-Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Tesis Muhammad Fadil (2286040008) BAB 1.pdf

Download (534kB)
[img] Text
Tesis Muhammad Fadil (2286040008) BAB 5.pdf

Download (165kB)
[img] Text
Tesis Muhammad Fadil (2286040008) DAFTAR PUSTAKA-1.pdf

Download (554kB)

Abstract

Pertambangan Karst Sudah Sejak lama ada dan menjadi sumber penghidupan masayarakat desa Cikeusa lyang menciptakan hubungan antara manusia dengan alam sehingga membentuk dasar kehidupan berkelanjutan dan harmonis. Aktivitas pertambangan yang semakin masif membuat lingkungan semakin rusak dan berdamak pada keseimbangan dalam harmoni rumah tangga. Penelitian ini berfokus pada tiga aspek utama: pertama, eksplorasi hubungan antara pertambangan karst dan dinamika rumah tangga; kedua, pengkajian terhadap dampak pertambangan karst pada kehidupan rumah tangga; dan ketiga, analisis terhadap ketahanan atau resiliensi rumah tangga dalam menghadapi kerusakan lingkungan akibat pertambangan. Penelitian ini dilakukan di Desa Cikeusal, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian riset lapangan dan pendekatan penelitian studi kasus. Dengan pengumpulan data melalui wawancara dengan tokoh masyarakat, pemerintah desa, petani, dan penambang. Data diperkuat dengan sumber sekunder dan diproses melalui pemeriksaan data, verifikasi, analisis, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara rumah tangga dengan pertambangan karst memiliki hububangan sudah berlangsung sejak lama. Hadirnya aktivitas pertambangan karst berdampak masalah lingkungan. Pada akhirnya kerusakan karst berdampak pada keberlangsungan hidup, baik dari sisi mata pencaharian, sumber daya alam, hubungan sosial, kesehatan fisik dan mental. Dengan dukungan dari keluarga dan ketersediaan sumber daya alam yang tersisa membuat masyarakat masih bisa bangkit dan bertahan terutama dalam menjaga keutuhan rumah tangga. Maka dari itu perlu adanya proteksi hukum yang kuat dan berkeadilan adalah kunci untuk memastikan bahwa masyarakat dapat hidup dalam harmoni dengan alam dan mendapatkan manfaat yang adil dari sumber daya alam mereka. Kata Kunci: Pertambangan Karst, Harmoni Rumah Tangga dan Dampak Lingkungan

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Perdata Islam (Al-Ahwal Al-Syahsyiyyah)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 31 May 2024 07:45
Last Modified: 31 May 2024 07:45
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13252

Actions (login required)

View Item View Item