Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Transportasi Online Gojek pada Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Dissa Ezra Nurpratika, (2024) Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Transportasi Online Gojek pada Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Bachelor thesis, S1 Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008204062_1_cover.pdf

Download (6MB)
[img] Text
2008204062_2_bab1.pdf

Download (422kB)
[img] Text
2008204062_6_bab5.pdf

Download (267kB)
[img] Text
2008204062_7_dafpus.pdf

Download (305kB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat pesat menuntut perusahaan-perusahaan dalam bidang jasa untuk terus mengembangkan model bisnis dan inovasi baru, hal ini menyebabkan semakin ketat persaingan antar perusahaan jasa transportasi online. Oleh sebab itu, perusahaan jasa transportasi online harus memiliki keunggulan dengan menawarkan harga yang terjangkau dan sesuai, serta memberikan kualitas pelayanan yang baik maka dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pengguna transportasi online Gojek pada mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan dua variabel atau lebih serta menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon terdiri dari 5 fakultas yang berjumlah 9.183 orang. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Taro Yamane dan diperoleh sampel sebesar 99 responden. Kemudian, dilakukan penentuan jumlah sampel pada masing-masing fakultas sesuai dengan jumlah mahasiswa seluruh fakultas menggunakan teknik proportional random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji t variabel harga memiliki nilai thitung 8.354 > ttabel 1.661 dan nilai signifikansi 0.000 < 0.05 artinya harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan variabel kualitas pelayanan memiliki nilai thitung 5.781 > ttabel 1.666 dan nilai signifikansi 0.000 < 0.05 artinya kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, serta secara simultan uji f memiliki nilai signifikansi 0.000 < 0.05 dan nilai Fhitung 102.887 > Ftabel 3.09 artinya harga dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pengguna transportasi online Gojek pada mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Kata Kunci: Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 12 Jun 2024 01:11
Last Modified: 12 Jun 2024 01:11
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13328

Actions (login required)

View Item View Item