PENGARUH PENGENDALIAN BIAYA BAHAN BAKU LANGSUNG, BIAYA TENAGA KERJA LANGSUNG DAN BIAYA OVERHEAD PABRIK TERHADAP LABA BERSIH (Studi Kasus Pada UD Kripset Aa Aldi Manceri Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka)

SANTIYANI, (2024) PENGARUH PENGENDALIAN BIAYA BAHAN BAKU LANGSUNG, BIAYA TENAGA KERJA LANGSUNG DAN BIAYA OVERHEAD PABRIK TERHADAP LABA BERSIH (Studi Kasus Pada UD Kripset Aa Aldi Manceri Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka). Bachelor thesis, S1-Akutansi Syariah IAIN SNJ.

[img] Text
2008205053_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008205053_2_bab1.pdf

Download (600kB)
[img] Text
2008205053_6_bab5.pdf

Download (196kB)
[img] Text
2008205053_7_dafpus.pdf

Download (438kB)

Abstract

Persaingan dan pertumbuhan ekonomi saat ini menuntut suatu perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan usahanya. Untuk menghadapi tantangan tersebut, perusahaan perlu meningkatkan pengendalian biaya produksi yang terdiri dari biaya bahan baku langsung, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik, dimana suatu perusahaan memiliki target atau tujuan untuk dicapai. Salah satu dari target tersebut adalah untuk mendapatkan laba yang tinggi dengan pengeluaran biaya-biaya yang kecil. Berdasarkan data yang diambil dari tempat penelitian, menunjukan bahwa adanya biaya produksi yang meningkat namun tidak diiringi dengan laba bersih. Hal tersebut menarik peneliti untuk meneliti fenomena tersebut dikarenakan salah satu faktor yang mempengaruhi laba adalah biaya-biaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengendalian biaya bahan baku langsung, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik terhadap laba bersih pada UD Kripset Aa Aldi Manceri. Penelitian ini menggunakan metode mixed method yaitu kuantitatif yang memfokuskan pengujian teori melalui pengukuran variabel dengan menggunakan teknik pengumpulan data metode dokumentasi berupa data sekunder dan kualitatif sebagai penguat dari penelitian dengan menggunakan teknik pengumpulan data metode wawancara berupa upaya-upaya perusahaan dalam melakukan pengendalian. Populasi pada penelitian ini biaya produksi dan laba bersih pada UD Kripset Aa Aldi Manceri. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan sample biaya produksi yang terdiri dari biaya bahan baku langsung, biaya tenaga kerja langsung, biaya overhead pabrik dan laba bersih tahun 2020-2022 dengan jumlah 36 data. Analisis menggunakan aplikasi SPSS Versi 22.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Secara parsial pengendalian biaya bahan baku langsung berpengaruh signifikan terhadap laba bersih (2) Secara parsial biaya tenaga kerja langsung tidak berpengaruh signifikan terhadap laba bersih (3) Secara parsial biaya overhead pabrik tidak berpengaruh signifikan terhadap laba bersih (4) Hasil uji f ketiga variabel independen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap laba bersih dengan nilai adjusted R Square sebesar 30,5% dan sisanya 69,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian. Kata Kunci: Pengendalian Biaya Bahan Baku Langsung, Pengendalian Biaya Tenaga Kerja Langsung, Pengendalian Biaya Overhead Pabrik, Laba Bersih

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 25 Jun 2024 06:55
Last Modified: 25 Jun 2024 06:55
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13433

Actions (login required)

View Item View Item