PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP TINGKAT KEBANGKRUTAN PERUSAHAAN MENGGUNAKAN MODEL ALTMAN (Z-SCORE) DAN MODEL ZMIJEWSKI (X-SCORE)

PUTRI SULISTIANTI, (2024) PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP TINGKAT KEBANGKRUTAN PERUSAHAAN MENGGUNAKAN MODEL ALTMAN (Z-SCORE) DAN MODEL ZMIJEWSKI (X-SCORE). Bachelor thesis, S1-Akutansi Syariah IAIN SNJ.

[img] Text
2008205098_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2008205098_2_bab1.pdf

Download (348kB)
[img] Text
2008205098_6_bab5.pdf

Download (207kB)
[img] Text
2008205098_7_dafpus.pdf

Download (324kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil analisis dari pengaruh rasio terhadap tingkat kebangkrutan perusahaan dengan model Altman Z-Score dan model Zmijewski pada perusahaan sektor kesehatan yang terdaftar di BEI. Fenomena Covid-19 berdampak pada sebagian besar sektor perekonomian, tetapi pada sektor kesehatan justru mengalami kenaikan laba secara drastis. Sektor kesehatan mengalami penurunan laba ketika Covid-19 mulai menghilang pada tahun 2023, sehingga beberapa perusahaan sektor kesehatan diprediksi mengalami kebangkrutan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan sektor kesehatan yang terdaftar di BEI periode 2023. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 29 perusahaan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji F, uji t, dan uji R2. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan rasio profitabilitas dan rasio likuiditas berpengaruh signifikan secara parsial terhadap tingkat kebangkrutan perusahaan menggunakan model Altman Z-Score. Rasio leverage secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat kebangkrutan perusahaan menggunakan model Altman Z-Score. Dan rasio pertumbuhan penjualan secara parsial memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap tingkat kebangkrutan perusahaan menggunakan model Altman Z-Score pada perusahaan sektor kesehatan periode 2023. Sedangkan rasio profitabilitas dan rasio likuiditas secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap tingkat kebangkrutan perusahaan menggunakan model Zmijewski. Rasio leverage dan rasio pertumbuhan penjualan secara parsial tidak berpengaruh terhadap tingkat kebangkrutan perusahaan menggunakan model Zmijewski pada perusahaan sektor kesehatan periode 2023. Tingkat kebangkrutan menggunakan model Altman ZScore memprediksi terdapat 3 perusahaan mengalami bangkrut, 4 perusahaan dalam kondisi grey area, dan 22 perusahaan lainnya dalam keadaan sehat. Sedangkan Tingkat kebangkrutan menggunakan model Zmijewski memprediksi terdapat 2 perusahaan mengalami bangkrut dan 27 perusahaan dalam kondisi sehat. Kata Kunci: Rasio Keuangan, Prediksi Kebangkrutan, Altman Z-Score, Zmijewski.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 25 Jun 2024 07:08
Last Modified: 25 Jun 2024 07:08
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13438

Actions (login required)

View Item View Item