PENGARUH PRICE DISCOUNT, ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN AFFILIATE MARKETING PRODUK SHOPEE TERHADAP IMPULSE BUYING

Ken Agastya Nawang Aura, (2024) PENGARUH PRICE DISCOUNT, ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN AFFILIATE MARKETING PRODUK SHOPEE TERHADAP IMPULSE BUYING. Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah IAIN SNJ.

[img] Text
2008204025_1_cover.pdf

Download (502kB)
[img] Text
2008204025_2_bab1.pdf

Download (210kB)
[img] Text
2008204025_6_bab5.pdf

Download (129kB)
[img] Text
2008204025_7_dafpus.pdf

Download (120kB)

Abstract

Berdasarkan data pengunjung marketplace, Shopee mendominasi pasar ecommercedi Indonesia dengan 2,3 miliar kunjungan situs, mengugguli pesaing melalui strategi promosi dan inovasi. Seringnya mengunjungi situs belanja online menjadi salah satu penyebab pembelian secara mendadak atau pembelian secara impulsif. Shopee menarik pembeli yang berusia 16-64 tahun untuk melakukan pembelian impulsif dengan adanya promosi berupa diskon dan adanya online customer review. Shopee juga menggunakan strategi seperti pemasaran afiliasi, terlihat jelas tingkat partisipasi yang tinggi dalam program afiliasinya selama tahun 2024 . Kesuksesan Shopee tidak lepas dari upaya untuk memenuhi kecenderungan konsumen Indonesia yang melakukan pembelian tidak terencana yang berdampak terhadap pembelian impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial dan simultan pengaruh price discount, online customer review, dan affiliate marketing produk shopee terhadap impulse buying. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Sampel penelitian ini adalah 98 orang mahasiswa dari total populasi mahasiswa semester 6 dan 8 sebanyak 5251orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dan pengujian hipotesis berupa uji t dan uji f dengan menggunakan aplikasi SPSS Version 25. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial price discount pada produk shopee berpengaruh dan signifikan terhadap impulse buying, online customer review pada produk shopee tidak memiliki pengaruh dan signifikan terhadap impulse buying, dan affiliate marketing memiliki pengaruh dan signifikan terhadap impulse buying. Sedangkan secara simultan (bersama-sama) price discount, online customer review dan affiliate marketing pada produk shopee memiliki pengaruh yang signifikan terhadap impulse buying. Kata Kunci: Price Discount, Online Customer Review, Affiliate Marketing dan Impulse Buying.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 26 Jun 2024 03:00
Last Modified: 26 Jun 2024 03:01
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13477

Actions (login required)

View Item View Item