Juniah, (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS POKOK BAHASAN SHAPES KELAS V SDN 1 SETU WETAN KECAMATAN WERU KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
JUNIAH_58471358__ok.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Juniah. NIM 58471358. ”PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS POKOK BAHASAN SHAPES KELAS V SDN 1 SETU WETAN KECAMATAN WERU KABUPATEN CIREBON” . Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri, Juli 2012 Kemampuan dalam belajar Bahasa inggris di kalangan Siswa SDN 1 Setu Wetan Masih dikategorikan kemampuan tinggi, sedang, rendah, dan rendah sekali, Hal ini sangat membutuhkan perhatian dari guru kelasnya. Peneliti melihat faktor ini dikarenakan jumlah siswa yang banyak yaitu 44 sehingga pembelajaran terkesan ramai. Dari hasil survey penel iti menemukan bahwa dalam belajar siswa yang pintar lebih suka duduk dengan yang pintar dan yang bodoh hanya hanya duduk dengan orang bodoh sehingga kerjasama dalam penyampaian ilmu tersebut kurang, Penulis juga melihat prestasi belajar yang cukup rendah, dan sering dijumpai pada faktanya ada salah satu mata pelajaran yang kurang disenangi bahkan dianggap sulit oleh siswa SD yaitu pelajaran bahasa Inggris yang dapat dilihat dari KKM dari tahun 2009-2012 belum ada peningkatan yaitu 60, maka dari itu pen eliti mencoba menerapkan pembelajaran Cooperative Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris . Tujuan utama dalam penerapan cooperative learning adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran cooperative learning pada mata pelajaran bahasa Inggris, (2) untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris, (3) Untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Dalam penelitian ini, peneliti dibantu oleh teman sejawat sebagai kolaborator untuk membantu dalam mengobservasi kegiatan pembelajaran. Observasi dilakukan bersamaan dengan pembelajaran dan data dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitati f dengan berdasarkan pengamatan lapangan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan kelas adalah salah satu strategi pemecahan masalah yang memanfaatkan tindakan nyata dan proses pengembangan kemamp uan dalam mendeteksi dan memecahkan masalah. Berdasarkan hasil catatan peneliti selama penerapan model cooperative learning pada siklus II menjadi lebih baik dari siklus I. Hasil Penelitian menunjukan, aktivitas siswa pada siklus I diperoleh nilai rata -ratanya adalah 2,72 dan ketuntasan belajar 68,1%, siklus II meningkat menjadi 3,5 dan ketuntasan belajar 87,5%. Nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I diperoleh mencapai 70 dan ketuntasan belajar 40,90%, dan siklus II nilai rata -rata hasil belajar siswa meningkat mencapai 93,2 dan ketuntasan belajar siswa 90,90%. Dari hasil yang diperoleh, penelitian dengan menggunakan Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning pada siswa kelas V SDN 1 Setu Wetan dapat meningkatkan hasil belajar dan kemam puan siswa dalam mempelajari bahasa Inggris pokok bahasan Shapes (bentuk-bentuk). Kata Kunci: Hasil belajar dan model pembelajaran cooperative learning
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 23 Mar 2017 08:06 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 06:05 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1349 |
Actions (login required)
View Item |