“IMPLEMENTASI PEMBIAYAAN PRODUKTIF UNTUK MENCAPAI TUJUAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN (SDGS) DI BANK SYARIAH KCP MAJALENGKA JATIWANGI”.

ZAHRA FAZRIYAH,, (2024) “IMPLEMENTASI PEMBIAYAAN PRODUKTIF UNTUK MENCAPAI TUJUAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN (SDGS) DI BANK SYARIAH KCP MAJALENGKA JATIWANGI”. Bachelor thesis, S1-Perbankan Syariah.

[img] Text
2008203084_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008203084_2_bab1.pdf

Download (511kB)
[img] Text
2008203084_6_bab5.pdf

Download (260kB)
[img] Text
2008203084_7_dafpus.pdf

Download (276kB)

Abstract

Implementasi pembiayaan produk merupakan bagian dari dukungan terhadap pencapaian tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGS) yaitu mengurangi kemiskinan dan pengangguran dengan cara meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan UMKM. Peningkatan ini bisa dilakukan melalui akses permodalan yang tinggi dan pembiayaan produktif dari Bank Syariah Indonesia KCP Majalengka Jatiwangi yang diberikan untuk keperluan produktif atau modal usaha. BSI Majalengka Jatiwangi menawarkan berbagai produk pembiayaan modal usaha, seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) Kecil, KUR Mikro, yang berbeda dalam jumlah plafon dan dapat diberikan kepada penerima pembiayaan dengan tujuan membantu pengusaha dalam tingkat menengah ke bawah dalam hal modal kerja dan investasi. Tujuan dari penelitian ini mengetahui Implementasi Pembiayaan Produktif untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Bank Syariah Indonesia KCP Majalengka Jatiwangi, Untuk mengetahui Konsep Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) pada Pembiayaan Produktif di Bank Syariah Indonesia KCP Majalengka Jatiwangi, Dan yang terakhir untuk mengetahui Strategi yang digunakan Bank syariah Indonesia KCP Majalengka Jatiwangi untuk meningkatkan Pembiayaan Produktif UMKM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara observasi ke tempat penelitian, wawancara kepada 3 pihak bank BSI KCP Majalengka Jatiwangi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengimplementasikan pembiayaan produktif untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan ini dilakukan dengan menggunakan langkah-langkah pemberdayaan ekonomi dan kolaborasi pemerintah, seperti melalui penyaluran KUR, yang telah diterapkan dengan baik karena bank syariah juga berkolaborasi dengan lembaga non pemerintah. Kata Kunci : Pembiayaan Produktif, UMKM, Bank Syariah

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 17 Jul 2024 01:47
Last Modified: 17 Jul 2024 01:48
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13543

Actions (login required)

View Item View Item