Peran Pembiayaan di BMT NU Sejahtera KC Dukupuntang Dalam Meningkatkan Kualitas Industri Rumah Tangga di Kecamatan Dukupuntang.

Muzakky Aziz Rahman, (2024) Peran Pembiayaan di BMT NU Sejahtera KC Dukupuntang Dalam Meningkatkan Kualitas Industri Rumah Tangga di Kecamatan Dukupuntang. Bachelor thesis, S1-Perbankan Syariah.

[img] Text
1908203175_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1908203175_2_bab1.pdf

Download (476kB)
[img] Text
1908203175_6_bab5.pdf

Download (382kB)
[img] Text
1908203175_7_dafpus.pdf

Download (412kB)

Abstract

Pembiayaan bagi industri rumah tangga kecil sebaiknya lebih di fokuskan pada peningkatan kemampuan industri rumah tangga kecil menjadi industri rumah tangga menengah, namun perkembangan industri rumah tangga menghadapi beberapa kendala seperti cara pengelolaan, tingkat kemampuan, keterampilan, keahlian, dan kelemahan dalam struktur permodalan serta keterbatasan akses terhadap sumber permodalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis pengelolaan pembiayaan oleh BMT NU Sejahtera KC Dukupuntang terhadap pelaku industri rumah tangga, serta dampaknya terhadap kualitas industri rumah tangga di Kecamatan Dukupuntang. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara terstruktur dengan pihak terkait di BMT NU Sejahtera KC Dukupuntang, pelaku industri rumah tangga yang menerima pembiayaan, serta analisis dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BMT NU Sejahtera KC Dukupuntang memiliki proses pembiayaan yang terstruktur, melibatkan beberapa tahapan mulai dari pengumpulan informasi hingga pencairan dana. Faktor-faktor seperti kelayakan bisnis, keuangan, dan risiko juga dipertimbangkan dalam menilai permohonan pembiayaan. Setelah memberikan pembiayaan, BMT NU Sejahtera KC Dukupuntang memberikan pendampingan dan dukungan kepada pelaku industri rumah tangga untuk meningkatkan kualitas usaha mereka, termasuk dalam hal pendampingan bisnis, edukasi keuangan, pelatihan keterampilan, pembentukan jaringan, dan pemantauan kinerja. Dampak dari pembiayaan tersebut meliputi peningkatan produktivitas, kinerja keuangan, dan inovasi dalam industri rumah tangga di Kecamatan Dukupuntang. Temuan ini menggambarkan peran penting BMT dalam mendukung pengembangan ekonomi lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kata Kunci : Peran, Pembiayaan, Baitul Maal wat Tamwil, Industri Rumah Tangga

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 17 Jul 2024 06:51
Last Modified: 17 Jul 2024 06:51
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13569

Actions (login required)

View Item View Item