UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS PADA MATERI MY HOBBY MELALUI METODE KNOW, WHAT TO KNOW, LEARNED (KWL) PADA SISWA KELAS VI SDN GUNUNGKELING – KUNINGAN

M. GALUH M., (2012) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS PADA MATERI MY HOBBY MELALUI METODE KNOW, WHAT TO KNOW, LEARNED (KWL) PADA SISWA KELAS VI SDN GUNUNGKELING – KUNINGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
MUH. GALUH MAULUDIN_58470496__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

M. GALUH M. :Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Pada Materi My Hobby Melalui Metode Know, What To Know, Learned (KWL) Pada Siswa Kelas 6 SDN Gunungkeling – Kuningan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi pembelajaran dengan diterapkannya metode Know, What to know and Learned (KWL) ini serta untuk mengetahui tanggapan mereka tentang bahasa inggris. Berdasarkan hasil observasi peneliti di SDN Gunungkeling bahwasanya banyak dari siswa merasa malu dalam proses pembelajaran ketika mereka menemukan kesulitan. Mereka cenderung memilih bersikap pasif daripada belajar aktif dengan bertanya pada guru. Terkadang mereka berusaha untuk keluar kelas saat sedang proses pembelajaran jika mereka mulai merasa bosan dengan metode belajar yang diberikan oleh guru. Sehingga dengan diterapkannya metode Know, What to know, Learned (KWL), diharapkan bisa mengatasi kesulitan guru dalam mengajar dan membuat siswa lebih aktif lagi sehingga hasil belajar bisa meningkat. KWL adalah salah satu metode yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk bisa lebih aktif dan terbuka mereka dengan gurunya mengenai kesulitan – kesulitan dalam proses belajar. Dengan demikian guru bisa lebih memahami akan kebutuhan siswa secara psikologis. Hal ini bisa dikatakan bahwa metode KWL bisa meningkatkan hasil belajar siswa, siswa lebih aktif terjadi interaksi antara siswa dengan siswa dan siswa dengan guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di SDN Gunungkeling Kabupaten Kuningan dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VI yang berjumlah 30 siswa. Peneliti bertindak sebagai observer. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes dan angket. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan aktifitas belajar siswa. Adapun secara jelasnya dapat dilihat dari data hasil observasi untuk siklus I sebesar 41,18%, siklus II sebesar 64,7% dan siklus III sebesar 88,23%. Hasil belajar siswa juga menunjukkan peningkatan yang cukup baik dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa di tiap siklusnya. Rata-rata hasil belajar siswa siklus I sebesar 5,93, siklus II sebesar 7,1 , dan siklus III sebesar 8. Hal ini diperkuat dengan respon siswa terhadap metode KWL yang menunjukkan rata-rata persentase 77,37% yang berarti sebagian besar siswa menyenangi pembelajaran dengan diterapkannya metode KWL.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 24 Mar 2017 01:53
Last Modified: 06 Jun 2017 06:29
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1361

Actions (login required)

View Item View Item