ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM APLIKASI KEUANGAN TINGKAT INSTANSI (SAKTI) PADA PROSEDUR PERLAKUAN ASET TETAP BERDASARKAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH (PSAP) NOMOR 07 (Studi Kasus: Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Cirebon)

Nafi’atus Sholikha, (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM APLIKASI KEUANGAN TINGKAT INSTANSI (SAKTI) PADA PROSEDUR PERLAKUAN ASET TETAP BERDASARKAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH (PSAP) NOMOR 07 (Studi Kasus: Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Cirebon). Bachelor thesis, S1-Akutansi Syariah.

[img] Text
2008205048_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008205048_2_bab1.pdf

Download (310kB)
[img] Text
2008205048_6_bab5.pdf

Download (63kB)
[img] Text
2008205048_7_dafpus.pdf

Download (131kB)

Abstract

Perubahan dan perbaikan sistem administrasi pemerintahan dengan memanfaatkan teknologi sekarang bukan hanya merupakan suatu kebutuhan, melainkan telah menjadi sebuah tuntutan. Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi adalah sebuah aplikasi penyempurnaan teknologi untuk proses bisnis Kementrian Keuangan yang dirancang untuk mengelola dan mengoptimalkan aset negara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Sistem Keuangan Tingkat Instansi dalam prosedur perlakuan aset tetap di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Cirebon. Penelitian ini dilakukan pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Cirebon jenis metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif menggunakan sumber data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian yang didapatkan Pencatatan aset tetap dengan sistem aplikasi keuangan tingkat instansi sudah sesuai dengan pernyataan standar akuntansi pemerintahan. Klasifikasi, Pengukuran perolehan aset tetap, Pengeluaran setelah perolehan, Penghentian penghapusan, Penyajian dan pengungkapan Aset Tetap pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Cirebon telah sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintah 07, sedangkan untuk Pengakuan aset Kantor Pelayanan Kekayan Negara dan Lelang Cirebon belum sepenuhnya sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintah Nomor 07. Terkait kendala sistem aplikasi keuangan tingkat instansi yang sering dihadapi yaitu yaitu jaringan internet yang kurang stabil, dan kepatuhan regulasi. Solusi terkait permasalahan yang dihadapi dengan mencari tempat yang memadai akses internet yang stabil, dan bekerjasama atau berkoordinasi terkait pengerjaan sistem aplikasi keuangan tingkat instansi. Kata Kunci : Aplikasi Akuntansi, Aset Tetap. Pernyataan Standar Akuntansi 07

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 22 Jul 2024 05:01
Last Modified: 22 Jul 2024 05:02
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13623

Actions (login required)

View Item View Item