MUSYAROFAH, (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAKEM ) DI KELAS IV SD NEGERI KEMUKTEN 01 KECAMATAN KERSANA KABUPATEN BREBES. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
MUSYAROFAH_07480088__ok.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
MUSYAROFAH (NIM. 07480088): “Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) di Kelas IV SD Negeri Kemukten 01 Kecamatan Kersana Kabupaten Brebes” Bahasa Indonesia adalah alat komunikasi pemersatu berbagai masyarakat yang berbeda-beda latar belakangnya. Bahasa Indonesia dalam pendidikan diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulisan, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan seberapa besar fakta yang diperoleh tentang motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada aspek kemampuan membaca pemahaman serta dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran melalui implementasi model PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV di SD Negeri Kemukten 01 yang terdiri dari 27 siswa. Adapun data penelitian diperoleh melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara, dan tes tertulis. Dengan masa penelitian 2 bulan terhitung dari tanggal 17 Maret sampai 17 Mei 2012. Penelitian ini berjumlah dua siklus di desain dalam setiap siklusnya terdapat pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dan nilai KKM yang ditentukan sejumlah 60. Pembelajaran PAKEM adalah sebuah pendekatan yang memungkinkan peserta didik mengerjakan kegiatan beragam untuk mengembangkan keterampilan, sikap, dan pemahaman siswa dengan penekanan belajar sambil bekerja (learning by doing). Dalam model belajar ini terdapat tahap-tahap dalam penyelenggaraannya. Tahap pertama siswa dikelompokkan sesuai dengan pilihan siswa, tahap yang kedua siswa dikelompokkan oleh guru berdasarkan tingkat kemampuan siswa. Dari hasil penelitian yang sudah peneliti lakukan menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada siklus I yaitu sebanyak 33,33% (Baik), sebanyak 25,92% (Cukup Baik), sebanyak 22,22% (Kurang), sebanyak 18,51% (Sangat Kurang). Sedangkan pada pelaksanaan tindakan siklus II mengalami peningkatan yaitu 51,85% (Baik), sebanyak 48,14% (Cukup Baik), 0% (Kurang), 0% (Sangat Kurang). Dari aktivitas awal siswa hanya mencapai 30%. Pada siklus I mencapai 33,33%, dan pada siklus II mencapai 51,85%. Sedangkan dari hasil belajar siswa pada tes awal sebelum pelaksanaan tindakan nilai rata-rata siswa mencapai 38,4. Pada siklus I dengan rata-rata 61. Pada siklus II dengan nilai rata-rata 73,4. Adapun dari ketuntasan belajar tes awal hanya mencapai 18,51%. Pada siklus 1 mencapai 59,26%, dan ketuntasan belajar pada siklus II mencapai 88,88%.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 24 Mar 2017 02:00 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 03:49 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1363 |
Actions (login required)
View Item |