Implementasi Perpindahan Akad Murabahah ke Kredit Biasa di BMT NU Sejahtera Unit Astanajapura Cirebon Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah

Chusnul Mawaddah, (2024) Implementasi Perpindahan Akad Murabahah ke Kredit Biasa di BMT NU Sejahtera Unit Astanajapura Cirebon Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Bachelor thesis, S1-Hukum Ekonomi Syariah.

[img] Text
2008202032_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008202032_2_bab1.pdf

Download (366kB)
[img] Text
2008202032_6_bab5.pdf

Download (139kB)
[img] Text
2008202032_7_dafpus.pdf

Download (293kB)

Abstract

Pelaksanaan akad Murabahah di BMT NU Sejahtera Unit Astanajapura Cirebon mengikuti prinsip-prinsip syariah dan menggunakan dokumen-dokumen otentik. Konsep Baitul Mal berkembang menjadi lebih kompleks, tidak hanya berlaku pada penerimaan dan pendistribusian harta, tetapi juga pada pengelolaan dana untuk mencapai tujuan yang lebih produktif dan memperkuat ekonomi masyarakat. BMT memiliki peran penting dalam pengembangan usaha kecil dan menengah di pedesaan. Namun, banyak usaha kecil menghadapi kesulitan dalam memperoleh dana tambahan karena prosesnya yang panjang dan rumit. Penelitian ini nertujuan untuk mengetahui faktor, proses dan analisis perpindahan akad murabahah ke kredit biasa. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini adalah BMT NU Sejahterah melakukan perpindahan akad murabahah ke kredit biasa untuk membantu nasabah yang mengalami kendala dalam pelunasan akibat faktor ekonomi. Tujuan dari pengalihan ini adalah agar nasabah lebih mudah membayar kredit dan merasa terbantu dalam menghadapi kesulitan ekonomi. Pengalihan akad ini juga dilakukan ketika nasabah tidak mampu melunasi pembiayaannya sesuai aturan dalam akad yang disepakati di awal. Pihak BMT menawarkan pengalihan akad dengan jangka waktu dan jumlah angsuran baru yang akan dilakukan hingga pembiayaan lunas. BMT NU Sejahterah memastikan bahwa pengalihan akad ini memenuhi prinsip syariah dan memberikan kemudahan kepada seluruh nasabah. Kata Kunci: Baitul Maal Wat Tanwil (BMT), Akad Murabahah, Pembiayaan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 29 Jul 2024 06:27
Last Modified: 29 Jul 2024 06:27
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13676

Actions (login required)

View Item View Item