Siti Masitoh, (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI METODE DRILL DI KELAS 4B SDN I MERTAPADA KULON KECAMATAN ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
SITI MASITOH_58471330__ok.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Siti Masitoh. NIM 58471330. “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI METODE DRILL DI KELAS 4B SDN I MERTAPADA KULON KECAMATAN ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON”. Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri, Juli 2012. Masalah yang dihadapi oleh kelas 4B dalam pembelajaran PAI materi membaca Al-Qur‟an adalah siswa merasa jenuh, kurang semangat, dan kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran, dikarenakan guru hanya menggunakan metode ceramah dalam PBM. Selain itu, masih banyak siswa yang belum memahami tentang hukum bacaan atau tajwid yang terkandung dalam ayat Al-Qur‟an. Oleh karena itu, peneliti tergerak untuk meneliti penyebab kurangnya kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur‟an surat Al-Kautsar, An-Nashr dan Al-Ashr dengan baik dan benar melalui metode drill. Tujuan penelitian terdiri dari dua bagian, yakni: pertama untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran PAI materi membaca Al-Qur‟an surat Al-Kautsar, An-Nashr dan Al-Ashr melalui metode drill di kelas 4B SDN I Mertapada Kulon Kec. Astanajapura Kab. Cirebon. Kedua untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi membaca Al-Qur‟an surat Al-Kautsar, An-Nashr dan Al-Ashr dengan menggunakan metode drill di kelas 4B SDN I Mertapada Kulon Kec. Astanajapura Kab. Cirebon. Penelitian dilakukan pada siswa kelas 4B SDN I Mertapada Kulon yang berjumlah 43 siswa dengan masa penelitian 2 bulan terhitung mulai tanggal 11 April – 11 Juni 2012 dengan alokasi waktu 105 menit (3 jam pelajaran) setiap pertemuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan berdasarkan temuan melalui 3 kegiatan, yakni siklus I, siklus II dan siklus III. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi/pengamatan, dan wawancara baik dengan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam maupun dengan siswa kelas 4B. Selain itu, juga diadakan tes lisan untuk mengukur kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa yang baik dan benar sesuai dengan hukum bacaan yang terdapat di dalamnya. Berdasarkan hasil penelitian dari hasil tes lisan yang dilakukan setelah menggunakan metode drill dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan, yaitu pada siklus I rata-rata tes lisan sebesar 43.1%, di siklus II diperoleh rata-rata tes lisan sebesar 66%, dan pada siklus III diperoleh nilai tes lisan sebesar 85.6%. Adapun penguasaan hasil belajar siswa yang telah memenuhi KKM, pada siklus I sebesar 46.5% (20 siswa yang lulus), pada siklus II sebesar 69.4% (30 siswa yang lulus), dan pada siklus III sebesar 93% (40 siswa yang lulus). Kemampuan membaca Al-Qur‟an sesuai dengan tajwidnya mencapai nilai 1,8 dengan kategori kurang. Pada siklus II tedapat peningkatan 0,3% menjadi 2,1 dengan kategori cukup. Dan pada siklus III terdapat peningkatan sebesar 1,4% menjadi 3,5 dengan kategori baik. Kata Kunci: Kemampuan Membaca, Metode Drill, Aktivitas siswa
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 24 Mar 2017 02:43 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 02:47 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1376 |
Actions (login required)
View Item |