PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN KUALITAS LAPORAN KEUANGAN TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN MUZAKKI (STUDI KASUS PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KABUPATEN CIREBON)

RYRIN INDRIANI, (2024) PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN KUALITAS LAPORAN KEUANGAN TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN MUZAKKI (STUDI KASUS PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KABUPATEN CIREBON). Bachelor thesis, S1-Akuntansi Syariah IAIN Shekh Nurjati.

[img] Text
2008205092_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008205092_2_bab1.pdf

Download (362kB)
[img] Text
2008205092_6_bab5.pdf

Download (64kB)
[img] Text
2008205092_7_dafpus.pdf

Download (172kB)

Abstract

BAZNAS Kabupaten Cirebon merupakan lembaga amil zakat yang ada di Kabupaten Cirebon. Melihat potensi zakat yang ada di Kabupaten Cirebon sangat besar sementara BAZNAS hanya dapat menghimpun dana zakatnya tidak sesuai dengan besarnya potensi yang ada. Sehingga dari itu, kepercayaan muzakki di Kab. Cirebon harus lebih ditingkatkan melalui penerapan sistem informasi akuntansi yang dapat memberikan informasinya kepada muzakki serta dengan terciptanya laporan keungan yang berkualitas juga dapat meningkatkan kepercayaan muzakki untuk menghimpun dan mendistribusikan zakatnya melalui BAZNAS Kabupaten Cirebon. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan sistem informasi akuntansi, kualitas laporan keuangan terhadap tingkat kepercayaan muzakki baik secara parsial maupun simultan pada BAZNAS Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 87 responden. Data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder dan primer berupa penyebaran kuesioner, dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji instrumen, uji regresi linear berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi dengan menggunakan SPSS versi 23. Adapun hasil penelitian ini yaitu hasil uji regresi berganda dan uji T menunjukkan penerapan sistem informasi akuntansi dan kualitas laporan keuangan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap tingkat kepercayaan muzakki. Serta hasil uji regresi berganda dan uji F menunjukkan nilai F hitung > F tabel sebesar 77,099 > 3,105 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 > 0,05. Maka penerapan sistem informasi akuntansi dan kualitas laporan keuangan berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap tingkat kepercayaan muzakki BAZNAS Kabupaten Cirebon. Kata kunci: Penerapan Sistem Informasi Akuntansi, Kualitas Laporan Keuangan, Tingkat Kepercayaan Muzakki

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 01 Aug 2024 04:43
Last Modified: 01 Aug 2024 04:43
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13817

Actions (login required)

View Item View Item