STRATEGI DAKWAH RUMAH QURAN AL-MUJTABA CABANG ARJAWINANGUN DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QURAN PADA ANAK-ANAK DI DESA BOJONGKULON, KECAMATAN SUSUKAN, KABUPATEN CIREBON

WINDA SARI, (2024) STRATEGI DAKWAH RUMAH QURAN AL-MUJTABA CABANG ARJAWINANGUN DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QURAN PADA ANAK-ANAK DI DESA BOJONGKULON, KECAMATAN SUSUKAN, KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1- KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM.

[img] Text
1708302050_1_cover.pdf

Download (989kB)
[img] Text
1708302050_2_bab1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1708302050_6_bab5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1708302050_7_dafpus.pdf

Download (944kB)

Abstract

Perkembangan teknologi modern telah mengubah tradisi belajar Al-Quran di masyarakat, membuat musholla dan masjid sepi karena anak-anak lebih memilih bermain gadget. Kesibukan orang tua juga mengurangi perhatian terhadap interaksi anak-anak dengan Al-Quran. Namun didalam Penelitian ini yang akan digunakan sebagai subyek adalah orangtua, Santri, dan Guru Rumah Quran. Rumusan Masalah penelitian ini terkait dengan : Bagaimana Strategi Dakwah pada aspek Actuating dan Controlling Rumah Quran Al-Mujtaba dalam meningkatkan hafalan Al-Quran pada anak-anak, Bagaimana peningkatan hafalan Al-Quran pada anak-anak di Rumah Quran Al-Mujtaba. Penelitian ini bertujuan untuk : Untuk mengetahui strategi actuating dan controlling Rumah Quran Al-Mujtaba dalam meningkatkan hafalan Al-Quran pada anak-anak, untuk mengetahui peningkatan hafalan Al-Quran pada anak-anak di Rumah Quran Al-Mujtaba. Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif dengan pendekatan Studi kasus. Data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data, reduksi data, penyajian data, penarik kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, Rumah Quran Al-Mujtaba menciptakan lingkungan yang mendukung anak-anak dalam menghafal Al-Quran. Rumah Quran Al-Mujtaba berupaya meningkatkan hafalan Al-Quran pada anak-anak menggunakan metode Tabarak berbasis audio-visual dari rekaman Syekh Kamil Al-Laboudy, metode ini cukup efektif untuk anak-anak yang sudah bisa membaca Al-Quran maupun yang belum bisa membaca Al-Quran, dengan target enam bulan dengan tersedia tujuh level. Pengawasan ketat oleh Direktur dan Musyrifah di setiap cabang memastikan program berjalan sesuai standar. Berusaha terus membangun komunikasi antara guru dan orang tua dan guru senantiasa memberikan motivasi dan apresiasi untuk setiap pencapaian anak.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 02 Aug 2024 07:06
Last Modified: 02 Aug 2024 07:07
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13878

Actions (login required)

View Item View Item