INTEGRASI PJBL STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

REVIANA, (2024) INTEGRASI PJBL STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Bachelor thesis, S1-Tadris Biologi IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008106042_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008106042_2_bab1.pdf

Download (85kB)
[img] Text
2008106042_6_bab5.pdf

Download (40kB)
[img] Text
2008106042_7_dafpus.pdf

Download (199kB)

Abstract

Hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi di salah satu sekolah yang terdapat di wilayah cirebon masih tergolong rendah. Diperlukan strategi pembelajaran yang dapat memicu peningkatan keterampilan berpikir siswa. Tujuan penelitian yaitu untuk mengkaji penerapan integrasi PJBL STEM (science, technology, engineering, and mathematics) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa, menganalisis perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang diterapkan dengan pendekatan STEM, dengan siswa yang tidak diterapkan pendekatan STEM dan mendeskripsikan respon siswa selama pembelajaran dalam penerapan model PJBL dengan pendekatan STEM. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 8 Cirebon dengan sampel kelas X 9 dan kelas X 11 dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi, tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa kelas eksperimen memperoleh persentase rata-rata aktivitas selama proses pembelajaran penerapan STEM sebesar 83% dengan kualifikasi baik. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas pembelajaran PJBL-STEM dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Hasil belajar siswa terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan antara kelas eksperimen yang menerapkan PJBL-STEM dengan kelas kontrol yang menerapkan PBL tanpa pendekatan STEM dengan nilai signifikansi 0,047<0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Respon siswa pada implementasi model PJBL-STEM dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis sebagian besar memperoleh rata-rata persentase 80%. Rata-rata seluruh siswa memberikan tanggapan positif dalam pembelajaran. Rekomendasi penelitian selanjutnya yaitu penggunaan teknologi perlu ditambah lagi selama proses pembelajaran berlangsung dan mencoba diterapkan pada materi biologi selain materi pemanasan global. Kata Kunci : PJBL STEM, Keterampilan Berpikir Kritis, Pemanasan Global

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Aug 2024 03:53
Last Modified: 06 Aug 2024 03:53
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13952

Actions (login required)

View Item View Item