PENGARUH PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DALAM PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Study Eksperimen : di SMP Negeri 4 Palimanan)

Akhmad Nurhasan, (2013) PENGARUH PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DALAM PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Study Eksperimen : di SMP Negeri 4 Palimanan). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AKHMAD NURHASAN_58451055_ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Akhmad Nurhasan : Pengaruh Penerapan Metode Problem Solving Dalam Pelajaran Matematika Terhadap Prestasi Belajar Siswa. (Studi Eksperimen di SMP Negeri 4 Palimanan) Pada dasarnya pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Pada umumnya matematika merupakan suatu mata pelajaran yang diajarkan pada setiap jenjang pendidikan di Indonesia. Hal yang tak kalah penting berkaitan dengan keberhasilan belajar disamping kemampuan intelektual, motivasi belajar, minat akademik adalah kematangan sosial psikologis serta tehnik belajar yang cocok, yang merupakan perangkat lunak dan bersifat internal. Guru mempunyai tugas untuk memilih model, metode dan media pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi yang disampaikan demi tercapainya tujuan pendidikan. Metode Problem solving adalah Suatu proses belajar yang membutuhkan kemampuan dalam menangkap informasi untuk menemukan masalah dan memecahkan secara kompleks melalui kombinasi konsep dan keterampilan dengan berfikir, sehingga dapat diambil sebuah kesimpulan. prestasi belajar adalah suatu perubahan tingkah laku individu dari hasil pengalaman dan latihan. Perubahan tingkah laku tersebut, baik dalam aspek pengetahuannya (kognitif), keterampilannya (psikomotor), maupun sikapnya (afektif). Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan prestasi belajar siswa matematika yang memperoleh perlakuan (treatment) dengan menggunakan metode problem solving di SMP Negeri 4 Palimanan. Pemikiran ini bertitik tolak bahwa belajar matematika akan berhasil atau lebih efektif jika menggunakan metode pembelajaran dengan menggunakan metode problem solving dibandingkan dengan metode pembelajaran yang biasa dilakukan yaitu dengan metode ekspositori. Penelitian dilakukan di kelas VII di SMP Negeri 4 Palimanan pada materi bagun datar segi empat yang ditunjukan pada 76 siswa terbagi menjadi dua kelas. Kelas pertama diberikan treatment dengan menggunakan metode problem solving (eksperimen) sedangkan kelas kedua diberikan treatment dengan menggunakan metode pembelajaran ekspositori(control). Hasil pengujian uji t-test independent membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang diberikan treatment menggunakan metode pembelajaran problem solving (eksperimen) dengan kelas yang diberikan treatment menggunakan metode pembelajaran ekspositori (kontrol).terlihat dari dari rata-rata (mean) untuk kelas eksperimen = 84,13 dan untuk kelas control = 69,76. Artinya bahwa penerapan metode problem solving dalam pembelajaran matematika memberikan pengaruh yang lebih baik dari pada penerapan menggunakan metode pembelajaran ekspositori. besarnya pengaruh variabel perlakukan menggunakan metode problem solving terhadap prestasi belajar siswa, dalam hal ini dinyatakan dalam sebuah koefisien determinasi (R2), yang ternyata didapatkan sebesar 22,6%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 30 Mar 2017 02:38
Last Modified: 07 Jun 2017 04:46
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1419

Actions (login required)

View Item View Item