PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PRODUK BANGUN RUANG SISI DATAR TINGKAT SMP/MTs DI KECAMATAN ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON

ALI ZAINAL ABIDIN, (2013) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PRODUK BANGUN RUANG SISI DATAR TINGKAT SMP/MTs DI KECAMATAN ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ALI ZAENAL ABIDIN_58451056_ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ALI ZAINAL ABIDIN : Pengembangan Instrumen Penilaian Produk Bangun Ruang Sisi Datar Tingkat SMP/ MTs Di Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon Instrumen penilaian adalah sebuah alat yang digunakan untuk menilai kemampuan dan hasil belajar siswa, ketepatan dan keakuratan penilaian tersebut tergantung pada kualitas dari instrumen penilaian. Instrumen yang mempunyai kualitas yang baik adalah instrumen penilaian yang valid dan reliabel. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah metode pengembangan instrumen penilaian untuk mendapatkan instrumen penilaian yang memiliki kualitas yang baik. Ada beberapa bentuk instrumen penilaian yang digunakan untuk menilai kemampuan dan hasil belajar siswa, salah satunya yaitu instrumen penilaian produk. Instrumen penilaian produk adalah instrumen yang menilai kemampuan siswa dalam membuat suatu produk yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. Instrumen penilaian yang akan dikembangkan dalam penelitian ini adalah instrumen penilaian produk pada mata pelajaran matematika, yaitu pengembangan instrumen penilaian produk bangun ruang sisi datar tingkat SMP/ MTs yang dilakukan di Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon. Tujuannya untuk mendapatkan sebuah instrumen penilaian yang valid dan reliabel dalam menilai kemampuan siswa SMP/ MTs dalam membuat model bangun ruang sisi datar serta pedoman penskoran dan pemakaiannya. Metode yang digunakan untuk mengembangkan instrumen penilaian produk bangun ruang sisi datar tingkat SMP/ MTs adalah metode R & D (research and development). Langkah-langkah penelitian dan pengembangannya adalah studi pendahuluan, desain instrumen, validasi desain (expert judgement), revisi desain, uji coba/ kalibrasi instrumen, analisis reliabilitas, revisi instrumen, uji coba dan evaluasi pemakaian instrumen, dan penarikan kesimpulan. Studi pendahuluan dilakukan dengan mengkaji perangkat kurikulum dan buku yang berhubungan dengan penilaian produk bangun ruang sisi datar tingkat SMP/ MTs. Hasil kajian tersebut adalah sebuah desain instrumen yang berupa aspek dan indikator penilaian serta pedoman penskorannya, Kemudian divalidasi oleh sepuluh orang guru matematika yang kompeten dan profesional. Setelah itu, instrumen diujicobakan di MTs Nurul Huda Munjul dan dianalisis validitas dan relibiltasnya menggunakan analisis faktor. setelah didapatkan instrumen yang valid dan reliabel, dilakukanlah uji coba pemakaian instrumen di 5 sekolah di Kecamatan Astanajapura yaitu MTs Nurul Huda Munjul, SMP Al-Ikhlas, SMPN 1 Astanajapura, MTs NU Pa 2 dan SMP Plus Al-Ma’arif. dan kemudian dilakukan analisis pemakaian instrumen dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah Instrumen penilaian produk bangun ruang sisi datar yang terdiri dari 11 indikator penilaian yang valid dan reliabel, yaitu menyediakan alat dan bahan, memilih bentuk jaring-jaring, menentukan ukuran model bangun ruang, menggunakan pensil dan penggaris, menggunakan jangka, menggunakan busur derajat, kebenaran bentuk jaring-jaring, kebenaran ukuran jaring-jaring, membentuk model bangun ruang, kebenaran bentuk dan ukuran model bangun ruang dan kerapihan model bangun ruang, serta pedoman penskoran dan soal/ tugas yang dikemas dalam tes uji petik kerja. Penilaian sebaiknya dilakukan kepada siswa secara individu atau kelompok siswa yang terdiri dari 3-5 siswa yang homogen, dengan perbandingan antara penilai dan siswa tidak lebih dari 1:9.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 30 Mar 2017 02:54
Last Modified: 07 Jun 2017 04:32
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1421

Actions (login required)

View Item View Item