ANALISIS KEMAMPUAN MENGISI RAGAM TES MELENGKAPI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMPN 1 BEBER KABUPATEN CIREBON

AMINUDIN, (2013) ANALISIS KEMAMPUAN MENGISI RAGAM TES MELENGKAPI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMPN 1 BEBER KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AMINUDIN NIM. 59451110_OK.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

AMINUDIN : ANALISIS KEMAMPUAN MENGISI RAGAM TES MELENGKAPI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 1 BEBER KABUPATEN CIREBON Salah satu yang dihadapi dunia pendidikan kita adalah lemahnya proses pembelajaran. sebagai bukti, guru tidak mampu mengevaluasi proses pembelajaran. Idealnya guru melakukan evaluasi terhadap proses dan evaluasi terhadap hasil. Kenyataannya banyak guru yang mengevaluasi terhadap hasil belajar siswanya saja. Kemandirian siswa dalam proses pembelajaran tidak dievaluasi, padahal kemandirian merupakan sikap pribadi yang sangat diperlukan untuk memperoleh hasil yang maksimal. Selain kelemahan yang dilakukan guru, siswa pun sama. Mereka kurang memperhatikan penjelasan guru, tidak berani untuk bertanya dan mengemukakan pendapat, mengandalkan jawaban teman-temannya, padahal di sisi lain, guru sudah memberikan kesempatan kepada siswa dan soal latihan untuk siswa pun sudah sesuai dengan apa yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan tes uraian terbatas ragam tes melengkapi, untuk mengetahui seberapa besar kemampuan siswa dalam mengisi ragam tes melengkapi, untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengisi ragam tes melengkapi, untuk menganalisis kemandirian belajar matematika dengan menggunakan tes uraian terbatas ragam tes melengkapi. Jenis tes uraian terbatas yang digunakan dalam penelitian ini adalah ragam tes melengkapi. Tes uraian terbatas ragam tes melengkapi adalah suatu alat penilaian hasil belajar yang memiliki karakteristik untuk mengekspresikan jawabannya melalui kemampuan berpikir siswa dalam bentuk menguraikan, menjelaskan, mendiskusikan, membandingkan, memberikan alasan dengan bahasa sendiri untuk melengkapi dengan suatu kata, frasa, suatu angka, suatu rumus atau formula. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian menggunakan tes dan angket. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif yang dibantu oleh penelitian kualitatif, sedangkan metode penelitiannya menggunakan one shot case study, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Beber yang berjumlah 307 siswa, sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling yaitu pengambilan sampel kelas secara acak dan didapat kelas VIII B yang berjumlah 36 siswa. Data hasil instrumen kemudian dianalisis secara deskriptif. Dari hasil penelitian, diperoleh bahwa kemampuan siswa dalam mengisi ragam tes melengkapi termasuk dalam kategori kuat, lebih dari setengahnya (62,63%) siswa sudah paham terhadap konsep yang diberikan gurunya dalam proses pembelajaran sehingga siswa mampu melengkapi jawaban dengan benar. Diperoleh rata-rata kemandirian belajar matematika siswa sebesar 43,47 dengan kategori cukup (42%). Kata kunci: Ragam tes melengkapi, kemandirian belajar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 30 Mar 2017 03:02
Last Modified: 07 Jun 2017 04:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1422

Actions (login required)

View Item View Item