Kesulitan-Kesulitan Pengembangan Pendidikan Islam di DTA Sirojul Ummah Desa Krangkeng Kecamatan Krangkeng Kabupaten Indramayu

MA'MUN AMIN, (2012) Kesulitan-Kesulitan Pengembangan Pendidikan Islam di DTA Sirojul Ummah Desa Krangkeng Kecamatan Krangkeng Kabupaten Indramayu. Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
1. Hal Depan_20.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. Bab 1_17.pdf

Download (917kB)
[img] Text
6. Bab 5_3.pdf

Download (76kB)
[img] Text
7. Daftar Pustaka_3.pdf

Download (91kB)

Abstract

Ma'mun Amin :Kesulitan-kesulitan Pengembangan Pendidikan Islam di DTA Sirojul Ummah Desa Krangkeng Kecamatan Krangkeng Kabupaten Indramayu. Pengembangan yang dilakukan melalui bidang agama dimasa sekarang atau mendatang semakin penting untuk diupayakan, karena disaat segala bentuk aturan dan kebijakan tidak lagi dinilai memberikan solusi terhadap segala problematika hidup manusia, agama adalah satu satunya landasan nilai dan norma yang akan berperan dalam mewujudkan tatanan masyarakat yang sejahtera, damai, dan berkeadilan. Pembangunan dalam bidang agama diarahkan untuk mengejar kemajuan kehidupan mental spiritual masyarakat yang merupakan bagian integral dari bagian bagian lainnya yang bersifat fisik material dalam pembangunan nasional. Tujuan penelitian ini secara operasional adalah: 1) untuk mendeskripsikan kegiatan pendidikan Islam di DTA Sirojul Ummah Desa Krangkeng Kecamatan Krangkeng Kabupaten Indramayu; 2) Kesulitan-kesulitan pengembangan pendidikan Islam di DTA Sirojul Ummah Desa Krangkeng Kecamatan Krangkeng Kabupaten Indramayu; 3) untuk menjelaskan upaya yang dilakukan dalam mengatasi kesulitan pengembangan pendidikan Islam DTA Sirojul Ummah Desa Krangkeng Kecamatan Krangkeng Kabupaten Indramayu. Penelitian ini memakai penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan sifat sesuatu yang tengah berlangsung pada saat penelitian dilaksanakan dan memeriksa sebab-sebab dari suatu gejala tertentu. Adapun teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Sedangkan dalam teknik analisa data dilakukan secara bertahap, yaitu kategorisasi, reduksi data, display dan klasifikasi data, dan interpretasi dan verifikasi Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Kegiatan penyelenggaraan pendidikan di DTA Sirojul Ummah dapat ditinjau dari dua aspek, yaitu pada komponen fisik yang berupa sarana prasarana dan komponen non fisik yang berupa system pelaksanaan pendidikan, yang meliputi tujuan, visi dan misi pendidikan, tenaga pendidik dan kependidikan, peserta didik, kurikulum, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi; 2) Kesulitan-kesulitan yang dihadapi dalam upaya pengembangan pendidikan Islam di DTA Sirojul Ummah, adalah: sarana dan prasarana pendidikan yang tidak memadai, kompetensi tenaga pendidik yang masih rendah, rendahnya kesadaran masyarakat tentang pendidikan, kurangnya perhatian pemerintah, revdahnya pembiayaan pendidikan dan kesejahteraan tenaga pendidik dan masih tingginya sifat individual para tokoh msyarakat; 3) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi kesulitan-kesulitan pengembangan pendidikan Islam di DTA Sirojul Ummah adalah: mengupayakan pembangunan sarana dan prasarana pendidikan, meningkatkan atau melengkapi tenaga pendidik yang kompeten, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang arti penting pendidikan, membangun perhatian pemerintah, mengupayakan pembiayaan pendidikan dan kesejahteraan tenaga pendidik, dan membangun semangat ukhuwah para tokoh masyarakat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 11 Oct 2024 04:33
Last Modified: 11 Oct 2024 04:33
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14543

Actions (login required)

View Item View Item