IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DALAM MASYARAKAT (Studi Kasus pada Profesi Perawat di Rumah Sakit Umum Putera Bahagia Kota CirebonTahun 2017)

AMIEQ FAHMI, (2017) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DALAM MASYARAKAT (Studi Kasus pada Profesi Perawat di Rumah Sakit Umum Putera Bahagia Kota CirebonTahun 2017). Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
COVER+PENGESAHAN.pdf

Download (688kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (648kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB)

Abstract

Amieq Fahmi, NIM: 14156310002yang berjudul: “IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DALAM MASYARAKAT (Studi Kasus terhadap Profesi Perawat di Rumah Sakit Umum Putera Bahagia Kota Cirebon Tahun 2017)” Umat beragama di Indonesia saat ini sedang mengalami berbagai permasalahan utamanya tentang kerukunan dan toleransi beragama. Fenomena yang kita lihat sekarang ini; kerukunan antarumat beragama di Indonesia masih banyak menyisakan masalah bahkan semakin pelik dan susah untuk diselesaikan. Kasus-kasus yang muncul terkait dengan ketidakrukunan dalam beragama belum bisa terhapus secara tuntas dan membuahkan solusi yang menggembirakan. Namun fenomena tersebut tidak terjadi pada profesi perawat di Rumah Sakit Putera Kota Cirebon walaupun mereka banyak yang berbeda agama. Terdapat lima kualitas kerukunan umat beragama yakni nilai religiusitas, keharmonisan, kedinamisan, kreativitas, dan produktivitas. Lima kualitas ini dapatterjadi dan dapat ditemukan ketika antarumat tersebut bertemu pada satu waktu dan satu tempat bersama. Tempat dan obyek yang peneliti ambil dalam penelitian ini sangat mempresentasikan betapa kelima hal tersebut bisa ditemukan di dalam lingkungan kerja perawat Rumah Sakit Putera Bahagia Kota Cirebon. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari tahu bagaimana pandangan profesi keperawatan di Rumah Sakit Putera Bahagia Kota Cirebonterhadap kerukunan antarumat beragama, bagaimana potensi konflik yang terjadi di tengah keberagaman agama, bagaimana dialog yang dilakukan di Rumah Sakit Putera Bahagia Kota Cirebon.dapat mencegah konflik diantara mereka Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya antara lain; observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari hasil penelitian ditemukan bahwa pandangan perawat tentang kerukunan antarumat beragama masih kurang baik, pemahaman mereka sebatas normatif belum sampai pada ranah substantif. Walaupun begitu, masing-masing perawat dari agama Islam maupun Kristen sepakat memandang penting kerukunan antarumat beragama untuk senantiasa dijaga dan dilindungi. Potensi konflik banyak terjadi dalam praktek keseharian mereka, namun tidak membuat konflik yang berkepanjangan. Dialog antarumat beragama belum dapat terwujud dengan baik karena berbagai kendala. Namun, keinginan para perawat akan terciptanya kerukunan antarumat beragama begitu besar dan patut untuk diapresiasi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kerukunan Umat Beragama, Profesi Perawat Rumah Sakit Putera Bahagia
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 15 Oct 2024 06:28
Last Modified: 24 Oct 2024 01:41
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14594

Actions (login required)

View Item View Item