Peran Kepala DTA (Diniyah Takmiliyah Awwaliyah) Dalam Proses Pembelajaran Agama Islam di Kota Cirebon.

AHMAD MUJTAHID LAFIF, (2018) Peran Kepala DTA (Diniyah Takmiliyah Awwaliyah) Dalam Proses Pembelajaran Agama Islam di Kota Cirebon. Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (558kB)

Abstract

AHMAD MUJTAHID LAFIF: NIM : 14146110007 Peran Kepala DTA (Diniyah Takmiliyah Awwaliyah) Dalam Proses Pembelajaran Agama Islam di Kota Cirebon. Kata kunci: Peran Kepala DTA, Proses Pembelajaran Agama Islam Dalam konteks organisasi pendidikan DTA, kepala DTA merupakan sosok pimpinan yang memiliki pengaruh besar terhadap kemajuan pendidikan DTA. Maju mudurnya DTA tergantung pada kemauan dan kemampuan dirinya dalam menajalankan peran di dalam proses pembelajaran agama Islam sehingga akan berdampak pada peningkatan mutu proses pembelajaran agama Islam Penelitian ini dilakukan untuk memberi jawaban atas pertanyaan: Bagaimana kondisi proses pembelajaran DTA di Kota Cirebon? Bagaimana upaya kepala DTA dalam meningkatkan mutu proses pembelajaran agama Islam di Kota Cirebon? Dan bagaimana faktor yang mempengaruhi mutu proses pembelajaran agama Islam di Kota Cirebon?. Penelitian ini menunjukkan bahwa peran yang dilakukan oleh Kepala DTA, meliputi peran sebagai Perancang, Pelayan, Pembaharu, Komunikator, dan Pekerja Keras. Agar peran-peran tersebut terlaksana dengan baik, Kepala DTA hendakny melakukan upaya-upaya sebagai berikut, yaitu: merancang proses pem�belajaran, melakukan pengembangan kurikulum dan proses pembelajaran, berjiwa melayani, membuka ruang komunikasi, dan memenuhi kebutuhan komponen proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan empirik, dan jenis penelitiannya menggunakan deskriptif-eksploratif, yang mana penulis akan mengamati lebih mendalam mengenai perilaku kepala madrasah dalam proses pembelajaran lalu digambarkan secara utuh. Teknik pengumpulan data mengggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul lalu divalidasi menggunakan pengujian credibility, transformbility, dependability, dan comformbality. Data tersebut lalu diolah menggunakan teknik analisis model interaktif berdasarkan tahapan reduksi data, penyajian data, penyimpulan data dan verifikasi data. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa peran-peran tersebut di atas dapat berdampak positif pada peningkaan mutu proses pembelajaran agama Islam yang ditandai dengan terciptanya iklim pembelajaran dan kegiatan pembelajaran yang kondusif sehingga berdampak pula pada peningkatan prestasi akademik dan non akademik para murid.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala DTA, Proses Pembelajaran Agama Islam
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Oct 2024 04:28
Last Modified: 23 Oct 2024 01:52
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14626

Actions (login required)

View Item View Item