Hidayatussyibyan, (2013) PENGARUH KECERDASAN MATEMATIS–LOGIS TERHADAP KREATIVITAS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri Gegesik Kab. Cirebon ). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
HIDAYATUSSYIBYAN_OK.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Hidayatussyibyan: PENGARUH KECERDASAN MATEMATIS-LOGIS TERHADAP KREATIVITAS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA (Studi Kasus pada Kelas VIII MTs Negeri Gegesik Kabupaten Cirebon) Matematika merupakan salah satu instrumen yang sangat penting untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari, sehingga menjadikan siswa mampu memecahkan masalah dengan baik adalah tuntutan dalam pembelajaran matematika. Proses pembelajaran yang terpaku pada buku teks tanpa menelaah lebih jauh kreativitas siswa baik dari pemberian materi maupun soal matematika serta jarangnya pemberian soal pemecahan matematika mengakibatkan sulit diketahuinya perkembangan kreativitas siswa. Kecerdasan matematis-logis mempunyai peranan penting dalam menumbuhkembangkan kreativitas siswa dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui seberapa besar kemampuan kecerdasan matematis-logis siswa, untuk mengetahui seberapa besar kreativitas siswa dalam pemecahan masalah matematika dalam menyelesaikan soal-soal suku banyak aljabar dan sistem persamaan linear dua variabel, serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kecerdasan matematis-logis terhadap kreativitas siswa dalam pemecahan masalah matematika kelas VIII MTs Negeri Gegesik Kab. Cirebon. Kecerdasan matematis-logis adalah kemampuan dalam bernalar, memahami pola angkaangka atau bilangan, menganalisis, dan mengedepankan pemikiran logis dalam memecahkan suatu masalah baik secara induktif maupun deduktif. Dalam hal ini pemecahan masalah merupakan piranti yang relevan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan faktorisasi suku banyak serta sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, baik variabel
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 31 Mar 2017 02:46 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 06:26 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1471 |
Actions (login required)
View Item |