PENGARUH PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOALBIDANG DATAR (Studi Kasus KelasVII di SMP Negeri 1 Cidahu Kabupaten Kuningan)

Iim Rohimah, (2013) PENGARUH PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOALBIDANG DATAR (Studi Kasus KelasVII di SMP Negeri 1 Cidahu Kabupaten Kuningan). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
IIM ROHIMAH 59451122_OK.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Iim Rohimah : (59451122) “PENGAUH PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL BIDANG DATAR (Studi Kasus Kelas VII di SMP Negeri 1 Cidahu Kabupaten Kuningan)” Objek geometri adalah benda-benda pikiran yang sifatnya abstrak, maka penguasaan konsep bagi setiap guru merupakan hal yang sangat penting. Guru harus senantiasa mempertajam pemahaman konsep-konsep geometri yang diajarkan karena kesalahan konsep guru akan mengakibatkan konsep siswa yang akan menjadi sumber kesulitan atau kesalahan pada pemecahan masalah geometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; Untuk mengetahui bagaimana pemahaman konsep Geometri tentang segitiga dan segi empat (kedudukan dua garis, sifat-sifat garis sejajar, besar sudut, jenis sudut). Untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal Bidang Datar (persegi, persegi panjang, segitiga, jajargenjang) tentang sifat-sifat, luas, dan keliling persegi, persegi panjang, segitiga, jajargenjang, dan penggunaannya dalam pemecahan masalah. Keberhasilan siswa dalam memecahkan soal-soal matematika pada umumnya sangat tergantung pada pemahaman dasar yang telah dimiliki atau diperolehnya pada pelajaran matematika sebelumnya. Banyak konsep matematika lebih mudah dipahami jika disajikan dengan bahasa geometri. Untuk dapat mempelajari geometri dengan baik, siswa harus dituntut untuk menguasai kemampuan dasar geometri, keterampilan dasar dalam belajar geometri terdiri dari: kemahiran visual, lisan, melukis, logika, dan aplikasi. Pemahaman konsep geometri dalam penelitian ini yaitu paham/mengerti akan materi geometri itu sendiri, dimana materi geometri itu sendiri membahas tentang hubungan titik, garis, sudut, bidang dan benda-benda ruang serta sifat-sifatnya. Dari materi geometri tersebut diharapkan siswa paham tentang kedudukan dua garis, sifat-sifat garis sejajar, besar sudut, dan jenis sudut sehingga siswa dapat menyelesaikan soal-soal yang telah disusun oleh peneliti. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 1 Cidahu yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah 402 siswa. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan mengambil satu kelas dari 10 kelas yaitu kelas VII E yang berjumlah 37 siswa. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian. Dalam penelitian ini dilakukan validasi ahli terhadap kisi-kisi instrumen tes sebelum soal penelitian disebarkan. Setelah itu kemudian data dianalisis secara deskriptif dan dilakukan pengujian statistik berupa uji regresi. Hasil penelitian, setelah dilakukan pegolahan data berdasarkan program bantuan SPSS versi 16 diperoleh nilai uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung sebesar 4,294. Pada derajat bebas (df) = 35, nilai t tabel pada taraf signifikansi 5% adalah 2,030. Dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel yaitu 4,294 > 2,030 yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemahaman konsep geometri terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal bidang datar. Didapat korelasi antara pemahaman konsep geometri dengan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal bidang datar (r) adalah 0,587, dan koefisien determinasi (R) sebesar 0,345. Kata kunci: pemahaman konsep, geometri, bidang datar, menyelesaikan soal-soal bidang datar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 31 Mar 2017 02:58
Last Modified: 07 Jun 2017 06:55
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1474

Actions (login required)

View Item View Item