PENGARUH PENGUASAAN MATERI OPERASI BILANGAN PECAHAN TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL POKOK BAHASAN PECAHAN BENTUK ALJABAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SUMBER KABUPATEN CIREBON

Ira Cynthia Virliana., (2012) PENGARUH PENGUASAAN MATERI OPERASI BILANGAN PECAHAN TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL POKOK BAHASAN PECAHAN BENTUK ALJABAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SUMBER KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
IRA CYNTHIA VIRLIANA_07450770_ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ira Cynthia Virliana. Pengaruh Penguasaan Materi Operasi Bilangan Pecahan Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Pokok Bahasan Pecahan Bentuk Aljabar Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sumber Kabupaten Cirebon. Skripsi, Cirebon Fakultas Tarbiyah IAIN Syekh Nurjati Cirebon 2012. Latar belakang penelitian ini yaitu Pada umumnya para siswa merasa matematika lebih sulit dipahami daripada ilmu-ilmu yang lain. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya kemungkinan siswa belum mampu menerima beberapa materi matematika, disebabkan mereka belum mampu berfikir abstrak. Kadangkala siswa tidak mengerti tujuan dari materi yang ia pelajari, karena hanya sekedar menerima sejumlah materi yang diberikan oleh guru. Padahal dalam mempelajari matematika itu antara materi yang satu selalu berkaitan dengan materi yang lainnya. Pengaitan itu maksudnya keterkaitan antara pelajaran yang telah di pelajari dan yang akan dipelajari anak didik. Semakin kuat pengaitannya maka pengaruh penguasaan konsep yang akan diajarkan dengan yang sebelumnya akan semakin kuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Untuk mengetahui seberapa besar penguasaan materi operasi bilangan pecahan pada siswa kelas VII SMPN 2 Sumber Kabupaten Cirebon; 2) Untuk mengetahui seberapa besar kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal pokok bahasan pecahan bentuk aljabar pada siswa kelas VII SMPN 2 Sumber Kabupaten Cirebon; 3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penguasaan materi operasi bilangan pecahan terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal pokok bahasan pecahan bentuk aljabar pada siswa kelas VII SMPN 2 Sumber Kabupaten Cirebon. Penelitian menggunakan metode survey dengan pendekatan korelasional dengan unit analisisnya adalah siswa-siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Sumber Kabupaten Cirebon. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Sumber Kabupaten Cirebon yang berjumlah 320 orang. Yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII-C yang berjumlah 45 orang, terdiri dari 24 orang laki-laki dan 21 orang perempuan. Hasil penelitian menyimpulkan hal-hal sebagai berikut : Pertama, Sebagian besar penguasaan materi operasi bilangan pecahan pada siswa kelas VII SMPN 2 Sumber Kabupaten Cirebon tergolong dalam kriteria baik. Skor rata-rata dari hasil tes penguasaan materi operasi bilangan pecahan 9,02 dengan skor terendah 1 dan skor tertinggi 17. penguasaan materi operasi bilangan pecahan pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sumber Kabupaten Cirebon diketahui 35,56% termasuk dalam kategori sedang dan 31,11% dalam kategori tinggi, sisanya sebesar 33,33% termasuk kategori kurang. Jadi dapat dikatakan bahwa sebagian besar siswa dapat menguasai materi operasi bilangan pecahan dengan baik, karena hanya 33,33% saja yang kurang menguasai

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 31 Mar 2017 03:35
Last Modified: 06 Jun 2017 05:56
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1482

Actions (login required)

View Item View Item