Zia Muzdalifah, (2024) Pemenuhan Hak Pendidikan Bagi Anak Penyandang Disabilitas Di Kota Cirebon Menurut Peraturan Daerah Kota Cirebon Nomor 10 Tahun 2023 Tentang Fasilitasi Perlindungan Penyandang Disabilitas. Bachelor thesis, S1-Hukum Tatanegara Islam UIN SSC.
![]() |
Text
2008206023_1_cover.pdf Download (968kB) |
![]() |
Text
2008206023_2_bab1.pdf Download (435kB) |
![]() |
Text
2008206023_6_bab5.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text
2008206023_7_dafpus.pdf Download (285kB) |
Abstract
Dalam konteks pelaksanaan peraturan daerah terbaru, Peraturan Daerah Kota Cirebon Nomor 10 Tahun 2023 tentang fasilitasi perlindungan penyandang disabilitas, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemenuhan hak pendidikan bagi anak penyandang disabilitas di Kota Cirebon. Penelitian ini melibatkan analisis faktor penghambat dan faktor pendukung dalam upaya pemenuhan hak pendidikan tersebut, serta upaya yang dilakukan oleh Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X Provinsi Jawa Barat di Kota Cirebon dalam mengimplementasikan peraturan daerah ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Pemenuhan Hak Pendidikan Bagi Anak Penyandang Disabilitas di Kota Cirebon menurut judul tersebut, khususnya dari tinjauan Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2023 tentang fasilitasi dan perlindungan bagi penyandang disabilitas di Kota Cirebon, dan menjawab pertanyaan pertanyaan yang dirumuskan yaitu : Apa faktor penghambat dan faktor pendukung dalam upaya pemenuhan hak pendidikan bagi anak penyandang disabilitas di Kota Cirebon. Kemudian Bagaimana upaya Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X Provinsi Jawa Barat di Kota Cirebon dalam implementasi Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2023 tentang fasilitasi perlindungan penyandang disabilitas dalam pemenuhan hak pendidikan bagi anak penyandang disabilitas di Kota Cirebon. Serta bagaimana akses dan partisipasi anak penyandang disabilitas dalam mendapatkan Pendidikan di Kota Cirebon dalam persfektif fiqih siyasah dusturiyah . Penelitian ini menggunakan metode yuridis empiris dengan pendekatan penelitian studi kasus. Data yang dikumpulkan dengan wawancara, observasi, dokumentasi kemudian dianalisis dengan metode analisis deskriptif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa sejalan dengan prinsip kenegaraan dan Resolusi PBB Nomor 61/106 tanggal 13 Desember 2006, setiap individu, termasuk penyandang disabilitas, berhak atas perlindungan dan kenyamanan. Penelitian menunjukkan bahwa akses pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di Kota Cirebon telah meningkat berkat upaya pemerintah dalam meningkatkan fasilitas, melatih guru, dan mensosialisasikan kebijakan. Hal ini sejalan dengan Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2023 tentang fasilitasi perlindungan penyandang disabilitas. Meskipun demikian, masih terdapat tantangan seperti kurangnya fasilitas yang memadai dan pemahaman masyarakat yang perlu diatasi untuk mencapai inklusivitas penuh sesuai dengan perspektif fiqih siyasah dusturiyah. Kata Kunci: Hak Pendidikan, Anak Penyandang Disabilitas, Peraturan Daerah, Kota Cirebon, Fasilitasi Perlindungan, Fiqih Siyasah Dusturiyah
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | K Law > KZ Law of Nations |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 06:47 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 06:47 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15145 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |