PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 GEBANG (Studi Kasus Pembelajaran Matematika)

Ninda Dianika, (2013) PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 GEBANG (Studi Kasus Pembelajaran Matematika). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
NINDA DIANIKA_59451137_ok.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Ninda Dianika : Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas VII di SMPN 1 Gebang Kabupaten Cirebon. (59451137) Kualitas pendidikan merujuk pada masalah peningkatan proses belajar mengajarnya, peningkatan proses belajar mengajar dibutuhkan suatu sarana dan prasarana pendidikan sebagai salah satu penunjang proses belajar mengajar itu, serta seorang siswa dalam melakukan aktivitas belajarnya memerlukan adanya dorongan tertentu agar kegiatan belajarnya dapat menghasilkan suatu keaktifan belajar yang sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah : (1) memperoleh data tentang informasi objektif mengenai keadaan pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sarana sekolah penunjang pembelajaran matematika. (2) memperoleh data tentang bagaimana keaktifan belajar matematika di SMPN 1 Gebang. (3) memperoleh data tentang ada tidaknya pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap keaktifan belajar matematika. Penelitian ini dilandasi dengan pemikiran bahwa untuk tercapainya suatu keberhasilan dalam pembelajaran di kelas bukan hanya dilihat dari banyaknya ragam strategi pembelajaran, metode atau model pembelajaran yang digunakan. Kunci keberhasilan seorang siswa secara umum dipengaruhi juga oleh pemanfaatan perpustakaan. Yang mempunyai peranan dalam tercapainya suatu keterampilan, kecerdasan, sikap dan keaktifan. Maka salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan memaksimalkan pemanfaatan perpustakaan sebagai sarana penunjang di sekolah. Sebab dengan memanfaatkan perpustakaan sesuai fungsinya siswa akan memperoleh pengetahuan dan informasi yang lebih sehingga tercipta kegiatan belajar mengajar yang dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada bidang studi matematika dengan begitu tujuan pembelajaranpun akan tercapai. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan instrumen penelitian menggunakan angket, wawancara dan observasi. Populasi yang digunakan ialah populasi terjangkau, dari siswa kelas VII SMPN 1 Gebang dengan sampel 53 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil angket respon siswa, observasi dan wawancara. Adapun data angket respon siswa dianalisis dengan menghitung prosentase dari keseluruhan aspek yang diamati, sedangkan untuk data yang diperoleh melalui observasi dan wawancara dianalisis dengan menggunakan logika/deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar matematika siswa dipengaruh oleh pemanfaatan perpustakaan sekolah. Hal ini diperoleh dari hasil perhitungan thitung = 11,573 ≥ ttabel = 1,671, atau 0,000 < 0,05. Dengan derajat kebebasan df = 52 dengan taraf signifikansi 5%. Karena thitung ≥ ttabel maka Ha diterima. Dan perolehan koefisien determinasi sebesar 72,4% .dapat diartikan bahwa besarnya pengaruh 72,4% kontribusi dari pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap keaktifan belajar matematika siswa. Kata Kunci : Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah, Keaktifan Belajar Matematika, SMPN 1 Gebang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 04 Apr 2017 03:44
Last Modified: 12 Jun 2017 02:22
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1569

Actions (login required)

View Item View Item