PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN E-BOOK DAN BUKU PAKET PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X MAN BUNTET PESANTREN CIREBON

SOLIKHIN, (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN E-BOOK DAN BUKU PAKET PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X MAN BUNTET PESANTREN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SOLIKHIN_58461241_ok-min.pdf

Download (466kB) | Preview

Abstract

Berbagai bahan ajar atau sumber belajar yang ditawarkan kepada guru, kurang dimanfaatkan dengan baik, terutama oleh guru Biologi, sehingga pencapaian tujuan yang ditunjukkan siswa tidak sesuai dengan harapan. Bahan ajar eBook dan buku paket adalah alat pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam menyampaikan materi Biologi. Bahan ajar eBook ini merupakan sumber belajar baru yang menyenangkan. eBook ini menyajikan mata pelajaran kepada siswa dengan memiliki kepraktisan dalam belajar. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru Biologi dan siswa di MAN Buntet Pesantren Cirebon, proses pembelajaran Biologi di sekolah ini biasa menggunakan bahan ajar LKS dengan menyisipkan sesekali bahan ajar buku paket. Ini belum cukup untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hasil belajar ekosistem yang menggunakan bahan ajar eBook dan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar buku paket. eBook sendiri merupakan buku yang berbentuk elektronik atau softcopy, sedangkan buku paket / pelajaran adalah tulisan seorang pengarang atau tim pengarang yang disusun dalam penelitian berdasarkan kurikulum atau tafsiran tentang kurikulum yang berlaku. Hasil belajar adalah tingkat penguasaan yang dicapai siswa dalam mengikuti program belajar mengajar sesuai dengan tujuan pendidikan yang ditetapkan melalui aspek kognitif. Ekosistem adalah kesatuan lingkungan hidup yang melakukan interaksi / timbal balik dengan lingkungannya. Penelitian ini dilakukan di MAN Buntet Pesantren Cirebon dengan populasi semua kelas X. Sampel kelas X.5 sebagai kelas eksperimen dan X.6 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan dari tanggal 23 april sampai 23 juni 2012, dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Randomized Control Group Pretest-posttest dan teknik pengumumpulan datanya dengan menggunakan test. Dari hasil penelitian diperoleh hasil belajar ekosistem siswa yang menggunakan bahan ajar eBook dan bahan ajar buku paket. Nilai rata-rata hasil belajar ekosistem, kelas eksperimen yang menggunakan baha ajar eBook adalah 54 pada pretest dan pada posttest adalah 74, sedangkan pada kelas kontrol dengan rata-rata 50 pada pretest dan pada posttest adalah 71. Dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan eBook dan buku paket. Kata Kunci : Hasil Belajar, Penggunaan eBook dan Buku Paket, Ekosistem

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 04 Apr 2017 05:34
Last Modified: 04 Apr 2017 05:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1583

Actions (login required)

View Item View Item