PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TERPADU TIPE WEBBED PADA PEMBELAJARAN IPA-BIOLOGI POKOK BAHASAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 7 KOTA CIREBON

RISKA DIAN PRATIWI, (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TERPADU TIPE WEBBED PADA PEMBELAJARAN IPA-BIOLOGI POKOK BAHASAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 7 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
RISKA DIAN PRATIWI_59461207_OK-min.pdf

Download (673kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran pada pendidikan formal (sekolah) dewasa ini adalah rendahnya daya serap peserta didik. Hal ini tampak dari peserta yang senantiasa masih memprihatinkan. Terutama dalam pembelajaran IPA-Biologi di sekolahsekolah yang masih monoton dalam proses pembelajarannya, seperti halnya pada proses belajar mengajar hanya menggunakan pembelajaran tradisional (ceramah) tanpa keterkaitan siswa didalamnya. Hal ini dapat mengakibatkan siswa menjadi jenuh dan kurangnya semangat dalam belajar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengurangi kejenuhan belajar pada siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran terpadu tipe webbed pada pembelajaran IPA-Biologi. Oleh karena itu, disini peneliti akan menggunakan model pembelajaran terpadu tipe webbed sebagai proses belajar mengajar khususnya pada pokok bahasan pengelolaan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran terpadu tipe webbed pada pembelajaran IPABiologi pokok bahasan pengelolaan lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. 2) Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan model pembelajaran terpadu tipe webbed dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran terpadu tipe webbed pada pembelajaran IPABiologi pokok bahasan pengelolaan lingkungan. 3) Untuk mengetahui bagaimanakah respon siswa dalam penerapan model pembelajaran terpadu tipe webbed pada pembelajaran IPA-Biologi pokok bahasan pengelolaan lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang di gunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, desain penelitian menggunakan pretest-posttest control group design, instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, tes pilihan ganda dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII dengan jumlah 468 siswa. Sampel yang digunakan adalah kelas VIIE dan VIIF dengan jumlah 45 siswa. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Independent-Sample T Test dengan menggunakan SPSS V.16.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa perbedan antara kelas yang menerapkan model pembelajaran terpadu tipe webbed meningkat dengan nilai rata-rata gain sebesar 0.55, sedangkan yang tidak menerapkan model pembelajaran terpadu tipe webbed pada pokok bahasan pengelolaan lingkungan dengan nilai gain sebesar 0.37. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang menerapkan model pembelajaran terpadu tipe webbed dengan siswa yang tidak menerapkan model pembelajaran terpadu tipe webbed. Hasil uji Independent-Sampel T Test menunjukan terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa antara kelas yang menerapkan model pembelajaran terpadu tipe webbed dengan yang tidak menerapkan model pembelajaran terpadu tipe webbed. Kata kunci : model pembelajaran terpadu tipe webbed, hasil belajar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 04 Apr 2017 05:47
Last Modified: 04 Apr 2017 05:47
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1585

Actions (login required)

View Item View Item