PENERAPAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP WAHIDIN KOTA CIREBON

RIKA MIFTAKHUL JANNAH, (2013) PENERAPAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP WAHIDIN KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
RIKA MIFTAKHUL JANNAH_59461279_OK-min.pdf

Download (546kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya pembelajaran yang kurang melibatkan siswa untuk aktif dalam kegiatan belajar mengajar, dan jarang dilakukannya praktikum di sekolah dan belum pernah menerapkan pendekatan SAVI. Atas dasar inilah penulis terdorong untuk melakukan penelitian tentang penerapan pendekatan SAVI terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan pendekatan SAVI terhadap hasil belajar siswa di SMP Wahidin kota Cirebon. (2) Untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa, antara yang pembelajarannya menggunakan pendekatan SAVI dengan pembelajaran biasa. (3) Untuk mengetahui respon siswa setelah menggunakan pendekatan SAVI terhadap hasil belajar siswa di SMP Wahidin kota Cirebon. Pendekatan SAVI ini adalah pembelajaran dengan memanfaatkan semua alat indera yang dimiliki perserta didik. SAVI yaitu Somatis, Auditori, Visual, Intelektual. Somatis artinya belajar dengan bergerak dan berbuat. Auditori, belajar dengan berbicara dan mendengar. Visual, artinya belajar mengamati dan menggambarkan. Intelektual, artinya belajar dengan memecahkan masalah dan menerangkan. Metode penelitian ini merupakan metode eksperimen dengan melibatkan siswa kelas VII dengan sampel kelas VII B (sebagai eksperimen) dan VII C (sebagai kontrol), pada kelas eksperimen pembelajaran IPA menggunakan pendekatan SAVI, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan sebaran angket untuk mengetahui bagaimana respon siswa, observasi untuk mengetahui aktivitas siswa pada saat pembelajaran dengan menggunakan pendekatan SAVI, dan tes tulis (pretes dan posttes) digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan. Teknik analisis data yang dilakukan meliputi pengujian instrumen dengan uji validitas, uji reabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Setelah diperoleh kriteria baik dengan uji instrumen soal tes tulis tersebut kemudian instrumen digunakan untuk pengambilan data dalam penelitian, selanjutnya data hasil penelitian dianalisis dengan rumus uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa di kelas aktif. Dan terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menerapkan pendekatan SAVI dengan pembelajaran biasa terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat N-Gain kedua kelas tersebut. Untuk kelas eksperimen sebesar 55,78 dan kelas kontrol sebesar 31,59, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan. Sedangkan interprestasi skor angket respon siswa terhadap penerapan pendekatan SAVI pada materi pencemaran lingkungan berkatagori baik. Hal ini dilihat dari rata-rata persentase angket respon siswa sebesar 64 %. Nilai tersebut dapat dikatakan baik, karena terdapat pada rentang 60% - 80%. Kata kunci: Pendekatan SAVI, Hasil Belajar

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 04 Apr 2017 05:52
Last Modified: 04 Apr 2017 05:52
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1586

Actions (login required)

View Item View Item