KOLABORASI STRATEGI PEMBELAJARANGROUP INVESTIGATION DAN PENDEKATANSAINS TEKNOLOGIMASYARAKAT (STM) UNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJAR SISWA PADA SUB POKOKBAHASAN PENCEMARANLINGKUNGAN DI KELAS XMAN CILEDUG

NURYATI, (2013) KOLABORASI STRATEGI PEMBELAJARANGROUP INVESTIGATION DAN PENDEKATANSAINS TEKNOLOGIMASYARAKAT (STM) UNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJAR SISWA PADA SUB POKOKBAHASAN PENCEMARANLINGKUNGAN DI KELAS XMAN CILEDUG. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
NURYATI-58461186_OK.pdf

Download (768kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai hasil belajar siswa antara yang menggunakan penerapan kolaborasi strategi pembelajaran group investigation dan pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) dengan siswa yang melakukan pembelajaran konvensional. Strategi ini digunakan agar siswa lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar dan mengajak siswa untuk lebih kreatif dalam memanfaatkan limbah yang dapat didaur ulang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji sikap siswa terhadap kolaborasi strategi pembelajaran group investigation (GI) dengan pendekatan sains tekhnologi masyarakat (STM), untuk mengkaji seberapa besar hasil belajar siswa dengan menggunakan Kolaborasi strategi pembelajaran group investigation (GI) dengan pendekatan sains tekhnologi masyarakat (STM) dan untuk mengkaji perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan dan yang tidak menggunakan kolaborasi strategi pembelajaran group investigation (GI) dengan pendekatan Sains tekhnologi masyarakat (STM) pada sub pokok bahasan Pencemaran lingkungan di kelas X MAN Ciledug. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Subjek Random Desain Pretest – Postest Grup. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X MAN Ciledug yang berjumlah 210 siswa. Data penelitian ini terdiri dari dua macam data, yaitu data tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan data angket untuk mengetahui sikap siswa. Berdasarkan hasil penelitian dikelas X MAN Ciledug pada tanggal 1 April sampai 31 Mei 2013. Berdasarkan analisis data diketahui kelas eksperimen rata-rata siswa mengalami kenaikan yang sangat signifikan dari nilai rata-rata tes awal 43,65% menjadi 74,34% pada rata-rata tes akhir, dan rata-rata N-gain sebesar 0.53 %. Sedangkan pada kelas kontrol rata-rata tes awal 41,8% dan tes akhir 62,8% dan untuk rata-rata N-gain sebesar 0,35. Sedangkan hasil rat-rata angket siswa menunjukkan nilai 81,96 dan tergolong kedalam kategori sangat kuat. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan N-gain hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, dimana N-gain kelas eksperimen lebih besar dari pada N-gain kelas kontrol (0.53> 0.35). Sikap siswa terhadap ppenggunaan kolaborasi strategi GI dan pendekatan STM pada sub pokok bahasan pencemaran lingkungan tergolong dalam kategori sangat kuat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 04 Apr 2017 06:31
Last Modified: 04 Apr 2017 06:31
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1596

Actions (login required)

View Item View Item