PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INFORMATION SEARCH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X MAN 3 CIREBON

Mila Khusna, (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INFORMATION SEARCH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X MAN 3 CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
MILA KHUSNA_59461195_OK-min.pdf

Download (655kB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran di MAN 3 Cirebon sebagian besar masih bersifat konvensional dan pemanfaatan sumber belajar masih kurang optimal. Pokok bahasan pencemaran lingkungan memerlukan strategi pembelajaran inovatif dan dibutuhkan berbagai sumber belajar sehingga siswa dapat lebih memahami pelajaran. Pemahaman ini akan berdampak pada hasil belajar. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah strategi Information Search (IS). Strategi ini dapat membuat siswa aktif berdiskusi dan memanfaatkan berbagai macam sumber belajar Tujuan dari penelitian ini adalah:(1) untuk mengetahui sikap siswa terhadap strategi IS selama pembelajaran; (2) untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa yang mengggunakan strategi IS dengan yang tidak menggunakan strategi IS; (3) untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi IS dengan yang tidak menggunakan strategi IS Strategi IS merupakan strategi yang memanfaatkan berbagai informasi yang diperoleh dari berbagai sumber sehingga para siswa akan lebih mengetahui materi yang akan disampaikan. Penerapan strategi ini mampu membuat siswa lebih aktif berdiskusi dan memecahkan permasalahan yang ada, selain itu siswa dapat memahami pelajarannya. Hal ini tentunya berdampak pada hasil belajar siswa yang akan dicapainya. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan teknik pengumpulan data berupa tes dan angket. Sampel yang diambil adalah kelas X.F sebagai kelas eksperimen sebanyak 38 siswa dan kelas X.G sebagai kelas kontrol sebanyak 39 siswa. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan SPSS V.16 melalui uji normalitas, uji homogenitas dan uji mann whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi IS mendapat respon baik hal ini sesuai dengan hasil angket yaitu sebesar 78%; (2) perolehan rata-rata N-gain kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan strategi IS dapat lebih meningkatkan hasil belajar siswa; (3) dari hasil pengujian menggunakan SPSS V.16 pada Uji Mann-Whitney Test diketahui bahwa diperoleh nilai Asym. Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang pada saat pembelajaran menggunakan strategi IS dengan siswa yang pada saat kegiatan pembelajaran tidak menggunakan strategi IS. Kata kunci : Strategi Information Search, Hasil Belajar

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 04 Apr 2017 07:59
Last Modified: 04 Apr 2017 07:59
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1623

Actions (login required)

View Item View Item