PENERAPAN PEMBELAJARAN BIOTEKNOLOGI BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MODEL TUTORIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS IX SMPN 8 KOTA CIREBON

MEGAH KHOERUNISA, (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN BIOTEKNOLOGI BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MODEL TUTORIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS IX SMPN 8 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
MEGAH KHOERUNISA _ 58461269_ok-min.pdf

Download (671kB) | Preview

Abstract

Multimedia interaktif model tutorial merupakan pengembangan media pembelajaran berbasis komputer (Computer Assisted Instruction/CAI) yang menggabungkan berbagai media sperti audio, video, teks dan gambar yang dapat memvisualisasikan berbagai fakta, keterampilan, konsep dan menampilakan animasi sesuai kebutuhan, sehingga proses pembelajaran lebih menarik, dan tentunya memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan yang ada pada siswa sehingga pemahaman siswa terhadap pelajaran biologi lebih maksimal. Selain itu, MMI model tutorial ini merupakan pembelajaran yang bersifat mastery Learning. Penelitian komparatif ini dilatarbelakangi adanya fakta bahwa kurangnya minat dan motivasi pada proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SMPN 8 Kota Cirebon. Pembelajaran tersebut cenderung monoton dan kurang mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas yang ada seperti Lab. komputer dalam pelaksanaan pembelajarannya. Penelitian yang dilaksanakan pada tahun ajaran 2012/2013 ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran bioteknologi berbasis multimedia interaktif model tutorial terhadap hasil belajar siswa, serta untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan penerapkan MMI model tutorial dan yang tidak menggunakan. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan menggunakan purposive sampling. Sampel dipilih secara langsung oleh guru yang mengetahui kesetaraan kognitif siswa, yaitu kelas IX-D (eksperimen) berjumlah 34 siswa diajarkan menggunakan MMI model tutorial, dan kelas IX-C (kontrol) berjumlah 34 siswa diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik tes tulis dan angket. Setelah data diperoleh kemudian data tersebut dianalisis menggunakan spss. Hasil dari penelitian ini yaitu pada kelas eksperimen didapat rerata pretest sebesar 49.51, posttest 78.43 dan N-Gain 58.93. Sementara pada kelas kontrol diperoleh rerata pretest sebesar 47.35, posttest 72.55 dan N-Gain 49.51. Berdasarkan hasil perhitungan statistik dengan uji t diperoleh nilai F hitung 1.525 dengan nilai t = 2.907 dengan derajat kebebasan (df) = n1 + n2 – 2 = 34 + 34 – 2 = 66. α = 0.05 diperoleh Sig. 0.005. Karena Sig.0.005 < 0.05 ; dengan demikian maka H0 ditolak atau Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara siswa yang diajarkan menggunakan MMI model tutorial dan yang tidak menggunakan. Hal ini didukung dengan sikap dan respon siswa yang cukup positif terhadap penerapan pembelajaran MMI model tutorial dengan rerata persentase sebesar 84.93% yang mempunyai kategori sangat kuat. Kata kunci : bioteknologi, multimedia interaktif, tutorial

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 04 Apr 2017 08:02
Last Modified: 04 Apr 2017 08:02
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1624

Actions (login required)

View Item View Item