HUBUNGAN INTELEGENSI QUOTIENT (IQ) DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA (Studi Kasus di Kelas VII SMP Negeri 1 Dukupuntang Kabupaten Cirebon)

RIANY FITRAH, (2013) HUBUNGAN INTELEGENSI QUOTIENT (IQ) DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA (Studi Kasus di Kelas VII SMP Negeri 1 Dukupuntang Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
RIANY FITRAH (59450998)_OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

RIANY FITRAH. “HUBUNGAN INTELEGENSI QUOTIENT (IQ) DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA”. Di setiap sekolah dalam berbagai jenis dan tingkatan pasti memiliki anak didik yang berkesulitan belajar. Faktor yang membuat anak kesulitan belajar bukan mutlak dari faktor intelegensi siswa, tapi tidak bisa dipungkiri bahwa anak dengan intelegensi tinggi berpeluang besar untuk mendapatkan prestasi yang tinggi pula. Kreativitas merupakan suatu hal yang jarang sekali diperhatikan dalam proses pembelajaran Matematika. Guru biasanya menempatkan logika sebagai titik incar pembicaraan dan menganggap kreativitas merupakan hal yang tidak penting dalam pembelajaran matematika. Selain intelegensi, kreativitas juga sangat diperlukan untuk memecahkan masalah. Hanya beberapa sekolah yang menyadari pentingnya penggunaan tes kreativitas disamping tes intelegensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, a) seberapa besar IQ siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dukupuntang. b) seberapa tinggi kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dukupuntang. c) Seberapa kuat hubungan IQ dengan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP Negeri 1 Dukupuntang. Penelitian ini bersifat penelitian deskriptif kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Populasi sasaran dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII di SMP N 1 Dukupuntang pada tahun ajaran 2012/2013. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling terambil 40 siswa sebagai sampel, yaitu siswa kelas VII C SMP N 1 Dukupuntang. variable dalam penelitian ini adalah Intelegensi Quotient (IQ) dan kemampuan berpikir kreatif matematik sisw. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data yaitu lembar tes IQ dan tes kemampuan berpikir kreatif matematik. Hasil tes IQ menunjukan tidak ada siswa memiliki nilai IQ di atas 139 atau sangat superior, 17,5% siswa memiliki nilai IQ antara 120-139 yaitu superior, 17,5% siswa memiliki nilai IQ antara 110-119 yaitu di atas rata-rata, 37,5% siswa memiliki nilai IQ 90-109 yaitu rata-rata, 17,5% siswa memiliki nilai IQ 80-89 yaitu di bawah rata-rata, 10% memiliki nilai IQ 70-79 yaitu batas lemah dan tidak ada siswa yang memiliki nilai IQ di bawah rata-rata dan rata-rata hasil tes kreatif matematik siswa tergolong dalam kategori kreatif, yaitu 73,47. Hubungan antara IQ dan kemampuan berpikir kreatif matematika adalah sebesar 0,512 tergolong dalam kategori agak rendah. Kata-kata kunci: berpikir kreatif matematik, IQ, intelegensi, kreativitas.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 04 Apr 2017 08:06
Last Modified: 12 Jun 2017 02:36
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1625

Actions (login required)

View Item View Item