KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU AGAMA DALAM PROSES PEMBINAAN AKHLAK MAHMUDAH SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 KAMARANG LEBAK DESA KAMARANG LEBAK KECAMATAN GREGED KABUPATEN CIREBON

ALFINA PALENTINA ROSSY, (2025) KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU AGAMA DALAM PROSES PEMBINAAN AKHLAK MAHMUDAH SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 KAMARANG LEBAK DESA KAMARANG LEBAK KECAMATAN GREGED KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, SI- Komunikasi Penyiaran Islam UIN SSC.

[img] Text
1908302126_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1908302126_2_bab1.pdf

Download (301kB)
[img] Text
1908302126_6_bab5.pdf

Download (175kB)
[img] Text
1908302126_7_dafpus.pdf

Download (165kB)

Abstract

Permasalahan moral dan akhlak di kalangan peserta didik saat ini menjadi isu penting dalam dunia pendidikan. Meskipun kurikulum telah memuat pendidikan karakter, praktik di lapangan masih menunjukkan adanya perilaku menyimpang yang bertentangan dengan nilai-nilai akhlak mahmudah, khususnya di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini berangkat dari pertanyaan penelitian yaitu: (1) Bagaimana komunikasi interpersonal guru agama dalam proses kegiataan pembinaan akhlak makhmudah kepada siswa kelas VI? (2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat komunikasi interpersonal dalam proses pembinaan siswa kelas VI? (3) Bagimana hasil dari proses pembinaan akhlak yang dilakukan dengan komunikasi interpersonal kepada siswa kelas VI SDN 1 Kamarang Lebak?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi interpersonal guru agama dalam proses kegiatan pembinaan akhlak mahmudah kepada siswa kelas VI, lalu untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat komunikasi interpersonal dalam proses pembinaan siswa kelas VI, serta untuk mengetahui hasil dari proses pembinaan akhlak yang dilakukan dengan komunikasi interpersonal kepada siswa kelas VI. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru agama, wali kelas VI, dan beberapa perwakilan siswa kelas VI di SD Negeri 1 Kamarang Lebak. Sumber data pada penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Lalu untuk teknis analisis data menggunaka teknik yaitu: Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data, dan Verifikasi Data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal yang dilakukan guru agama meliputi pendekatan empatik, keteladanan, komunikasi dua arah, serta penggunaan bahasa religius dan simbol keagamaan. Proses pembinaan akhlak berjalan secara rutin melalui kegiatan seperti sholat berjamaah, kultum, membaca Al-Qur’an, dan bimbingan karakter. Namun, hasil pembinaan menunjukkan bahwa pencapaian akhlak mahmudah pada siswa masih bersifat relatif: sekitar separuh siswa menunjukkan perubahan positif, sementara sebagian lainnya masih membutuhkan pendampingan lebih lanjut.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 01 Aug 2025 04:02
Last Modified: 01 Aug 2025 04:02
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16391

Actions (login required)

View Item View Item