PENGARUH KEGEMARAN MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA (Survei pada Mahasiswa Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah IAIN Syekh Nurjati Cirebon Tahun Akademik 2012/2013)

SAEFUL, (2013) PENGARUH KEGEMARAN MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA (Survei pada Mahasiswa Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah IAIN Syekh Nurjati Cirebon Tahun Akademik 2012/2013). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SAEFUL_OK.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

SAEFUL. PENGARUH KEGEMARAN MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA (Survei pada Mahasiswa Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah IAIN Syekh Nurjati Cirebon Tahun Akademik 2012/2013). Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Jurusan Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri, Oktober 2013. Keberhasilan suatu proses pembelajaran, salah satunya ditentukan oleh sejauh mana kesungguhan peserta didik (pelajar/mahasiswa) didalam menjalankan tugas pokoknya, yaitu belajar. Kesungguhan yang tumbuh akan melahirkan minat serta motivasi yang tinggi didalam belajar. Apabila minat dan motivasi belajar ini telah terbangun dengan baik, maka tujuan dari proses pembelajaran akan tercapai dengan baik pula. Karena pencapaian hasil belajar yang baik tidak hanya ditentukan oleh seberapa hebat guru/dosen didalam mengajar atau dari keberadaan fasilitas pembelajaran yang memadai, namun hal yang paling penting dari keduanya itu adalah seberapa kuat motivasi dan kesungguhan peserta didik itu sendiri dalam menjalankan tugasnya selaku pelajar/mahasiswa. Salah satu hal yang dapat menumbuhkan motivasi belajar tersebut yaitu dengan cara membaca al-Qur‟ân. Jadi idealnya seorang pelajar/mahasiswa yang memiliki kecendrungan yang tinggi (gemar) dalam membaca al-Qur‟ân, maka ia cendrung memiliki motivasi (dorongan) yang tinggi didalam belajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi kegemaran mahasiswa Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah IAIN Syekh Nurjati Cirebon tahun akademik 2012/2013 dalam membaca al-Qur‟ân, untuk mengetahui seberapa tinggi motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah yang berkaitan dengan matematika, dan untuk mengetahui pengaruh kegemaran membaca al-Qur‟ân terhadap motivasi belajar matematika mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei (survey research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan instrumen non tes, yaitu berupa skala kepada tiap-tiap responden penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah IAIN Syekh Nurjati Cirebon tahun akademik 2012/2013 yang berjumlah 578 mahasiswa. Populasi tersebut terdiri dari empat strata/jenjang, yaitu semester 2, 4, 6, dan 8. Sehingga teknik sampling yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling (PRS) atau pengambilan sampel secara proporsional pada tiap-tiap jenjang/semester. Dengan teknik sampling tersebut kemudian diperoleh 236 mahasiswa sebagai responden penelitian. Setelah data diperoleh kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis structural equation modeling (SEM) atau model persamaan struktural. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa kegemaran membaca al-Qur‟ân berpengaruh positif terhadap motivasi belajar matematika. Hal ini ditunjukkan dengan diperolehnya nilai koefisien gamma (γ) sebesar 0,74. Adapun besarnya pengaruh kegemaran membaca al-Qur‟ân terhadap motivasi belajar matematika ditunjukkan dengan nilai squared multiple correlations sebesar 0,544, hal ini memberikan pengertian bahwa 54,4% motivasi belajar yang tumbuh pada mahasiswa Jurusan Tadris Matematika disebabkan atau dipengaruhi oleh kegemaran mahasiswa tersebut dalam membaca al-Qur‟ân. Sedangkan selebihnya yaitu 45,6% disebabkan atau dipengaruhi oleh faktor lainnya. Kata Kunci: Kegemaran Membaca al-Qur‟ân, Motivasi Belajar

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 05 Apr 2017 01:20
Last Modified: 12 Jun 2017 02:52
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1653

Actions (login required)

View Item View Item