RAHMA AGNIA FITRIANI, (2025) PERILAKU TOXIC DALAM KOMUNIKASI VIRTUAL GAME ONLINE MOBILE LEGENDS: ANALISIS DAMPAK PADA KEHIDUPAN PEMAIN. Bachelor thesis, SI- Komunikasi Penyiaran Islam UIN SSC.
![]() |
Text
2108302159_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108302159_2_bab1.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text
2108302159_6_bab5.pdf Download (255kB) |
![]() |
Text
2108302159_7_dafpus.pdf Download (255kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah mengubah pola interaksi sosial, termasuk dalam dunia hiburan seperti game online. Salah satu game yang populer di kalangan mahasiswa adalah Mobile Legends, yang tidak hanya menjadi media hiburan tetapi juga ruang komunikasi virtual antar pemain. Dalam interaksi tersebut, sering kali muncul perilaku menyimpang berupa komunikasi toxic yang berdampak pada kenyamanan bermain hingga kehidupan nyata pemain. Penelitian ini berfokus pada mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon angkatan 2021 yang aktif bermain Mobile Legends, dengan tujuan untuk mengungkap bentuk-bentuk perilaku toxic yang muncul, faktor-faktor yang memicu terjadinya perilaku tersebut, serta dampak psikologis yang dirasakan oleh para pemain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap informan yang sesuai dengan kriteria. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan menggali makna dari pengalaman subjektif para pemain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku toxic dalam komunikasi virtual game Mobile Legends meliputi tindakan menghina secara verbal, menyalahkan rekan tim, bermain tidak serius secara sengaja, hingga melakukan provokasi. Perilaku ini dipicu oleh berbagai faktor seperti tekanan kompetisi, emosi yang tidak terkontrol, anonimitas dalam permainan, serta dinamika sosial dalam tim. Dampak yang ditimbulkan tidak hanya terjadi selama permainan berlangsung, tetapi juga memengaruhi kondisi emosional dan relasi sosial pemain di luar game. Temuan ini menunjukkan perlunya kesadaran etis dalam berkomunikasi di ruang digital, serta pentingnya pengelolaan emosi bagi pemain game online.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 06:41 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 06:41 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16569 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |