Setiati Rahayu, (2012) ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 1 KRANGKENG KABUPATEN INDRAMAYU (Studi Survei di Kelas VII Tahun Akademik 2012/2013). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
SETIATI RAHAYU_58451132_ok.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Setiati Rahayu, 2013. Analisis Kemampuan Berfikir Aljabar di Kelas VII di SMP Negeri 1 Krangkeng Kab. Indramayu (Studi Survei di Kelas VII Tahun Akademik 2012/2013) Untuk mengukur kemampuan berfikir aljabar seorang siswa diperlukan beberapa indikator. Terdapat beberapa indikator untuk memahami aljabar diantaranya memahami pengertian koefisien variabel suku sejenis, kemampuan melakuakan operasi hitung, kemampuan mengggunakan simbol matematika, kemampuan menggunakan bahasa sehari-hari, kemampuan menyederhanakan operasi aljabar, kemampuan menyatakan berbagai hubungan, kemampuan menggunakan diagram alur dan memahami konsep aljabar invers. Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis kemampuan berfikir aljabar di kelas VII yang ditinjau dari operasi aljabar, penggunaan aljabar, masalah aljabar, dan pemahaman konsep aljabar saat menjawab soal-soal aljabar. Kemampuan siswa dalam memahami aljabar merupakan suatu kondisi yang terdapat dalam sekolah SMP tersebut. Aljabar adalah suatu cabang ilmu matematika yang menggunakan tandatanda dan huruf-huruf yang mewakili angka-angka. Banyaknya indikator yang menjadi indikator kemampuan aljabar, maka akan ada beberapa indikator yang akan menjadi komponen utama dalam kemampuan aljabar. Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami aljabar, tidak perlu semua indikator pada materi aljabar diujikan dalam tes. Mengetahui sangat pentingnya komponen utama dalam materi aljabar untuk mengukur kemampuan berfikir aljabar seorang siswa maka peneliti mencoba menganalisis kemampuan berfikir aljabar siswa kelas VII di SMPN 1 Krangkeng. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Populasi dalam penelitian ini adalah Kelas VII yang berjumlah (160 siswa). Sampel diambil dari kelas VIIB cluster random sampling. Untuk uji coba dilakukan di kelas VIIA yang berjumlah 32. Dari hasil penelitian diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Aljabar di SMP N 1 Krangkeng cukup baik hal ini ditunjukan dengan nilai rata-rata 75. 2) Indikator kemampuan berfikir aljabar secara mekanisme dan indikator Kemampuan terbesar yang dicapai oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Krangkeng tahun ajaran 2012/2013 dalam memahami aljabar adalah pada pengertian koefisien, variabel, konstanta, faktor, suku sejenis adalah sebesar 89.58% dan kemampuan yang kurang dikuasai oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Krangkeng tahun ajaran 2012/2013 dalam memahami aljabar adalah memahami invers adalah sebesar 85.94%. 3) Dari delapan indicator kemampuan berfikir aljabar ada tiga komponen yang dominan yaitu menggunakan diagram alur, pengertian koefisien variable konstanta, faktor suku sejenis, dan menyederhanakan operasi aljabar
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 05 Apr 2017 01:38 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 02:42 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1657 |
Actions (login required)
View Item |