PENGARUH KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DAN KRITIS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS PARAGRAF NARASI

SITI ASTUTI, (2013) PENGARUH KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DAN KRITIS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS PARAGRAF NARASI. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SITI ASTUTI_58451038_ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

SITI ASTUTI : Menulis narasi membutuhkan sebuah pemikiran yang mendalam karena apa yang kita tulis merupakan ide-ide yang kita fikirkan. Dalam menulis karangan narasi siswa dituntut untuk memperhatikan ciri-ciri dari paragraf narasi itu sendiri. Berdasarkan hasil wawancara, diperoleh informasi bahwa kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi masih rendah. Menyadari akan hal itu maka kemampuan siswa dalam menulis paragraf narasi perlu ditingkatkan. Rendahnya kemampuan siswa dalam menulis paragraf narasi disebabkan oleh hal-hal seperti: kurang berembangnya ide/gagasan, kosakata yang digunakan masih sederhana, serta penggunaan kalimat dan organisasi tulisan masih kurang terarah. Tujuan penelitian ini, ingin mengetahui apakah kemampuan berfikir kreatif dan kritis dalam pembelajaran matematika berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam menulis paragraf narasi dan seberapa besar pengaruh kemampuan berfikir keratif dan kritis dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan siswa dalam menulis paragraf narasi. Diduga kemampuan dalam menulis paragraf narasi dipengaruhi oleh kemampuan berfikir kreatif dan berfikir kritis, baik itu secara masing-masing maupun secara bersama-sama. Kemampuan berfikir kreatif adalah kemampuan untuk mengembangkan suatu ide/gagasan. Sedangkan kemampuan berfikir kritis merupakan kemampuan untuk membandingan suatu hal, menghubungkan beberapa informasi serta mengambil keputusan dari suatu permasalahan. Dalam menulis paragraf narasi dibutuhkan kemampuan untuk mengembangkan suatu ide/gagasan. Ide/gagasan tersebut kemudian dituangkan kedalam bentuk karangan yang disusun berdasarkan urutan waktu dan keterpaduan antara kalimat satu dengan kalimat yang lain, dengan memperhatikan pemilihan kata-kata yang tepat. Oleh karena itu jika kemampuan berfikir kreatif dan kritisnya tinggi maka akan berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam menulis paragraf narasi dan begitupun sebaliknya. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survey dengan teknik pengumpulan data berupa penyebaran tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 2 Cirebon. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Cluster Sampling, dan yang terpilih sebagai sampel penelitian adalah siswa kelas XC yang berjumlah 37 orang. Setelah dilakukan penelitian dan pengolahan data dengan menggunakan bantuan program SPSS 17.0, maka berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai t hitung < t tabel atau 1,826 < 2,03. Hal ini berarti tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan berfikir kreatif terhadap kemampuan dalam menulis paragraf narasi. Sedangkan kemampuan berfikir kritis tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan dalam menulis paragraf narasi karena nilai t hitung < t tabel atau 1,071 < 2,03. Koefisien determinasi sebesar 0,507 menunjukan besarnya pengaruh kemampuan berfikir kreatif dan kritis terhadap kemampuan dalam menulis paragraf narsai pada siswa kelas XC MAN 2 Cirebon sebesar 50,7% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 05 Apr 2017 01:57
Last Modified: 12 Jun 2017 02:58
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1664

Actions (login required)

View Item View Item