Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I) Pada Tadris IPA Biologi Fakultas Tarbiyah

Proses belajar mengajar merupakan hal sangat berpengaruh pada ke, (2013) Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I) Pada Tadris IPA Biologi Fakultas Tarbiyah. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
IDAH FARIDAH_59461268_OK.pdf

Download (796kB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar merupakan hal sangat berpengaruh pada keberhasilan pendidikan peserta didik. Proses belajar mengajar sendiri dapat dikatakan berhasil, apabila ketuntasan belajar telah mencapai target yang telah ditentukan. Belajar mengajar adalah suatu kegiatan edukatif, dimana nilai edukatif mewarnai interaksi yang terjadi antara guru dan siswa. Interaksi di sini terjadinya timbal-balik hubungan guru dan siswa merupakan syarat utama bagi berlangsungnya proses belajar mengajar yaitu proses tanya jawab. Proses keterampilan bertanya ini sangat perlu dikuasai oleh guru untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji 1) kemampuan bertanya seorang guru biologi di MTs Salafiyah Bode Plumbon, 2) respon siswa terhadap pertanyaan guru di MTs Salafiyah Bode Plumbon, 3) pola interaksi biologi pada proses tanya jawab di MTs Salafiyah Bode Plumbon.. Interaksi adalah hubungan timbal-balik yang saling mempengaruhi, ada aksi dan reaksi. Dalam pembelajaran terjadinya proses interaksi guru dan siswa merupakan syarat utama bagi proses berlangsungnya proses belajar mengajar yaitu proses tanya jawab. Keretampilan bertanya merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam rangka mengingat kualitas proses keberhasilan dalam mengelola kelas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C MTs Salafiyah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan data hasil observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa interaksi guru dan siswa masih berpusat pada guru dalam proses tanya jawab. Hal ini sesuai dengan hasil respon jawaban siswa tentang interaksi dalam proses tanya jawab guru memberikan respon positif terhadap kemampuan bertanya guru dalam pembelajaran, hal ini dilihat berdasarkan perhitungan hasil angket dengan persentase 38,6% dan didukung dengan hasil obesvasi dengan persentase 64,5%, wawancara dengan guru yang bersangkutan dan waka-kurikulum, guru ini mempunyai keterampilan bertanya yang cukup baik. Kata Kunci: Profil Guru, Interaksi Guru, Tanya Jawab. i

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Kurikulum Terpadu
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 05 Apr 2017 02:12
Last Modified: 05 Apr 2017 02:12
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1667

Actions (login required)

View Item View Item