PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP DI KELAS VII SMP NU KAPLONGAN KABUPATEN INDRAMAYU

FUJI HIKMAWATI, (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP DI KELAS VII SMP NU KAPLONGAN KABUPATEN INDRAMAYU. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
FUJI HIKMAWATI_OK-min.pdf

Download (634kB) | Preview

Abstract

Peran fungsional guru dalam Pembelajaran aktif yang utama adalah sebagai fasilitator. Fasilitator adalah seseorang yang membantu peserta didik untuk belajar dan memiliki keterampilan-keterampilan yang diperlukan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif Peer Lessons guna mengetahui hasil belajar siswa antara yang menggunakan dan yang tidak menggunakan strategi pembelajaran aktif Peer Lessons pada pokok bahasan ciri-ciri makhluk hidup. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa yang menggunakan dan yang tidak menggunakan strategi pembelajaran aktif peer lessons, (2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan dan yang tidak menggunakan strategi pembelajaran aktif peer lessons, (3) Untuk mengetahui respon siswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif Peer Lessons. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian Pre test-Post test Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kontrol, dan angket untuk mengetahui sikap siswa terhadap penggunaan strategi pembelajaran aktif Peer Lessons. Teknik analisis data menggunakan uji N-Gain, statistik deskriptif, normalitas, homogenitas, dan hipotesis. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif Peer Lessons diperoleh rata-rata nilai Ngain sebesar 0.61 dan termasuk kedalam kategori sedang. Hasil belajar siswa yang tidak menggunakan strategi pembelajaran aktif Peer Lessons diperoleh nilai ratarata nilai N-gain sebesar 0.39 dan termasuk kedalam kategori sedang. Terdapat perbedaan N-gain hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan strategi pembelajaran aktif Peer Lessons dengan kelas yang tidak menggunakan strategi pembelajaran aktif Peer Lessons, dimana N-gain kelas eksperimen lebih besar dari pada N-gain kelas kontrol (0.61>0.39). Respon siswa terhadap menggunakan strategi pembelajaran aktif Peer Lessons termasuk dalam kategori sangat kuat, yaitu siswa memberikan respon yang positif terhadap penggunaan strategi tersebut dalam pembelajaran biologi. Kata kunci : hasil belajar siswa, strategi pembelajaran aktif Peer Lessons, ciri-ciri makhluk hidup.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Analisa Bahan Ajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 05 Apr 2017 02:41
Last Modified: 05 Apr 2017 02:41
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1682

Actions (login required)

View Item View Item