Pengembangan Media Pembelajaran “Jelajah Geometri” Berbasis Virtual Reality (VR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Siswa Kelas IV SD

Fanny Wahyuningrum, (2025) Pengembangan Media Pembelajaran “Jelajah Geometri” Berbasis Virtual Reality (VR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Siswa Kelas IV SD. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN SSC.

[img] Text
2108107110_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108107110_2_bab1.pdf

Download (345kB)
[img] Text
2108107110_6_bab5.pdf

Download (243kB)
[img] Text
2108107110_7_dafpus.pdf

Download (234kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa sekolah dasar, serta terbatasnya media pembelajaran inovatif berbasis teknologi yang dapat membantu siswa memahami konsep abstrak dalam matematika. Pembelajaran matematika membutuhkan pendekatan visual dan interaktif agar siswa dapat berpikir kritis dan memahami konsep-konsep abstrak secara lebih konkret. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran “Jelajah Geometri” berbasis Virtual Reality (VR) sebagai solusi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas IV SDN Penggung I. Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kompetensi penting abad 21 yang harus dimiliki oleh peserta didik, terutama dalam mata pelajaran matematika yang menuntut analisis, evaluasi, dan penyimpulan yang logis. Media berbasis Virtual Reality (VR) dipilih karena mampu menghadirkan pengalaman belajar yang imersif dan interaktif sehingga siswa lebih tertarik dan fokus dalam memahami materi. Materi yang dikembangkang dalam media ini adalah komposisi dan dekomposisi bangun datar, yang dianggap sesuai untuk melatih kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas IV SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektifitas media pembelajaran “Jelajah Geometri” berbasis Virtual Reality (VR) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis pada siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen penelitian mencakup lembar validasi ahli, angket kpraktisan, soal pretest dan posttest, serta analisis uji statistik. Setelah dilakukan pengembangan, hasil validasi menunjukkan bahwa media tergolong sangat valid dengan penilaian ahli media sebesar 96%, ahli bahasa 100%, dan ahli materi 95%. Hasil kepraktisan dari angket siswa mencapai 76%, masuk dalam kategori praktis. Hasil uji efektivitas menggunakan uji Paired Sample t-Test menunjukkan nilai signifikansi 0,00 < 0,005 yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara pretest dan posttest. Nilai N-gain yang diperoleh sebesar 84% tergolong kategori peningkatan tinggi. disimpulkan bahwa media pembelajaran animasi “Jelajah Geometri” berbasisi Virtual Reality (VR) berhasil secara efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas IV SD.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Virtual Reality, Berpikir Kritis Matematis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 14 Aug 2025 06:21
Last Modified: 14 Aug 2025 06:21
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17042

Actions (login required)

View Item View Item