Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Membina Akhlakul Karimah Peserta Didik Dengan Pembiasaan Baik Di MI Darul Hikmah Full Day School

MAYA MELYANA PUTRI, (2025) Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Membina Akhlakul Karimah Peserta Didik Dengan Pembiasaan Baik Di MI Darul Hikmah Full Day School. Bachelor thesis, S1 - Manajemen Pendidikan Islam UIN SSC.

[img] Text
2108109102_1_cover.pdf

Download (834kB)
[img] Text
2108109102_2_bab1.pdf

Download (308kB)
[img] Text
2108109102_6_bab5.pdf

Download (192kB)
[img] Text
2108109102_7_dafpus.pdf

Download (265kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya peserta didik yang masih belum terbinanya akhlakul karimah di MI Darul Hikmah Full Day School. Dalam hal ini pembinaan akhlakul karimah peserta didik dilakukan dengan pembiasaan baik di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembinaan akhlakul karimah peserta didik dengan pembiasaan baik, faktor internal dan faktor eksternal keberhasilan dalam membina akhlakul karimah serta kendala dalam membina akhlakul karimah peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari, kepala madrasah, guru wali kelas V dan VI dan peserta didik kelas IV, V dan VI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan peserta didik dengan pembiasaan baik di MI Darul Hikmah Full Day School, dilakukan dengan metode keteladanan, pembiasaan nilai�nilai Islam serta pengawasan dan evaluasi. Kepala madrasah dan guru berperan aktif dalam membina akhlakul karimah peserta didik, bekerja sama dengan orang tua untuk memastikan penerapan nilai-nilai keIslaman di madrasah dan di rumah. Faktor pendukung pembinaan akhlakul karimah meliputi kepemimpinan kepala madrasah, lingkungan religius, sarana prasarana yang memadai, evaluasi berkala, keteladanan guru, pendekatan uswatun hasanah, dan kerja sama erat antara madrasah dengan orang tua. Kerja sama dalam faktor pendukung untuk membentuk karakter Islami peserta didik secara efektif dan berkelanjutan. Dalam membina akhlakul karimah terdapat kendala yang dihadapi yaitu pelaksanaan tidak maksimal karena keterbatasan sumber daya manusia, termasuk guru yang banyak berlatar belakang non-pendidikan Islam, lingkungan masyarakat yang kurang mendukung kegiatan di luar lingkungan madrasah. Selain itu, keterlibatan orang tua juga adanya kesibukan dan jarak.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Akhlakul karimah, Pembiasaan Baik, Faktor Internal dan Eksternal
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 15 Aug 2025 08:01
Last Modified: 15 Aug 2025 08:01
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17086

Actions (login required)

View Item View Item