PENERAPAN PEMBELAJARAN PRAKTIKUM PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGANUNTUK MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 7 KOTA CIREBON

BAYU WAHYUDIN, (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN PRAKTIKUM PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGANUNTUK MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 7 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
BAYU WAHYUDIN_OK-min.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran biologi selayaknya lebih menekankan kepada pemberian pengalaman secara langsung dengan lingkungan atau bersifat kontekstual. Lingkungan sebagai sumber belajar menyediakan berbagai obyek kajian yang dapat memunculkan keingintahuan siswa dalam proses pembelajaran. Sikap inilah yang perlu difasilitasi oleh guru agar berkembang, sampai pada suatu pemahaman yang melekat pada diri siswa dan terjadi dengan sendirinya. Lingkungan disekitar siswa kurang dimanfaatkan sebagai sumber belajar dan hasil belajar siswa kurang memuaskan, maka penerapan pembelajaran praktikum digunakan. Penerapanpembelajaran praktikum memilah sampah organik dan anorganik adalah pembelajaran biologi yang memanfaatkan lingkungan sekitar dengan cara memilah sampah organik dan anorganik untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan siswa pada konsep pencemaran lingkungan yang bermanfaat bagi pengembangan kompetensi siswa. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengkaji penerapan pembelajaran praktikum pada konsep pencemaran lingkungan,2) mengkaji peningkatan sikap peduli lingkungan siswa pada konsep pencemaran lingkungan, dan 3)mengkaji respon sikap siswa pada pembelajaran praktikum terhadap peningkatan sikap peduli lingkungan siswa pada konsep pencemaran lingkungan. Pendekatan penelitian yang digunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain penelitian one group pretest posttest study, data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah data empirik dan data teoritik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 7 Kota Cirebon yang berjumlah 450 siswa, dan sampel yang diambil sebanyak 50 siswa atau 1 kelas dengan menggunakan teknik Sampling Purposive. Instrumen yang digunakan adalah angket skala sikap sebelum dan sesudah pembelajaran, lembar observasi, dan angket respon. Berdasarkan hasil uji kecocokan dan N-gain menunjukkan bahwa terdapat peningkatan sikap peduli lingkungan siswa setelah menggunakan penerapan pembelajaran praktikum memilah sampah organik dan anorganik. Rata-rata peningkatan sikap peduli lingkungan siswa sebesar 25 menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran praktikum memilah sampah organik dan anorganik melalui pemanfaatan lingkungan di sekolah SMP Negeri 7 Kota Cirebon lebih cocok digunakan untuk peningkatan sikap peduli lingkungan siswa. Kata kunci : Penerapan Pembelajaran Praktikum, Peningkatan Sikap Peduli Lingkungansiswa

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Kurikulum Terpadu
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 05 Apr 2017 03:45
Last Modified: 05 Apr 2017 03:45
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1715

Actions (login required)

View Item View Item