AMALIA ZAHROH, (2013) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS WINDOWS MOVIE MAKER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 1 SUMBER. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AMALIA ZAHROH_58461160_OK.pdf Download (784kB) | Preview |
Abstract
Media pembelajaran merupakan salah satu unsur penting dalam pembelajaran. Secara umum fungsi media pembelajaran adalah untuk memperlancar interkasi antara guru dengan siswa sehingga kegiatan pembelajaran lebih efektif dan efisien. Permasalahan yang ada di SMP Negeri 1 Sumber seringnya guru menyampaikan materi dengan metode expository yang membuat siswa jenuh dalam pembelajaran, serta belum pernah digunakannya media lain seperti Windows Movie Maker. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan pengembangan media pembelajaran Windows Movie Maker dengan desain Research and Development pada pokok bahasan Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan di kelas VII SMP Negeri 1 Sumber, untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan media Windows Movie Maker dengan kelas yang tidak menggunakan media Windows Movie Maker, dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan media pembelajaran Windows Movie Maker. Pendekatan dalam menyusun skripsi ini menggunakan pendekatan kuantitatif, data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah data empirik dan data teoritik. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan test, angket dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumber yang berjumlah 232 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 58 siswa, 29 siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen, dan 29 siswa kelas VII A sebagai kelas kontrol. Media pembelajaran Windows Movie Maker ini dikembangkan dengan menggunakan Research and Development yaitu dengan tahapan Pra pengembangan media, Pengembangan Media, dan Penerapan Media. Hasil dari penelitian ini adalah analisis data dilakukan dengan uji prasyarat analisis yaitu menguji normalitas dan homogenitas dilanjutkan dengan uji hipotesis yaitu dengan uji t. Hasil validasi dari segi materi, media sudah termasuk kriteria sangat kuat dengan prosentase 84% dan dari segi media dengan prosentase 80%. Berdasarkan hasil dari uji t terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan media Windows Movie Maker dengan yang tidak menggunakan media Windows Movie Maker. Dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini didukung dengan respon siswa yang positif terhadap media pembelajaran Windows Movie Maker dengan nilai rata-rata 80.4%. Kata kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Windows Movie Maker
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pengembangan Bahan Ajar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 05 Apr 2017 04:21 |
Last Modified: | 05 Apr 2017 04:21 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1724 |
Actions (login required)
View Item |