PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN COURSELAB DAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM REPRODUKSI DI KELAS XI SMA NEGERI 1 LEBAKWANGI KUNINGAN

AEP MUHAMAD SYAEPUDIN, (2013) PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN COURSELAB DAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM REPRODUKSI DI KELAS XI SMA NEGERI 1 LEBAKWANGI KUNINGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AEP MUHAMAD SYAEPUDIN_58461245_ok-min.pdf

Download (626kB) | Preview

Abstract

Upaya untuk melakukan perbaikan terhadap hasil belajar siswa dapat diterapkan dengan penggunaan media pembelajaran, seperti media courselab dan audio visual. Masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran yang monoton dan tidak bervariatif dengan mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran, walaupun media audio visual sesekali pernah digunakan namun kurang maksimal dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dasar pemikiran penelitian ini adalah proses pembelajaran di kelas dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media courselab dan audio visual. Dan di dukung dengan pemanfaatan sarana dan prasarana yang ada, membuat siswa tidak jenuh dan materi yang bersifat abstrak menjadi lebih konkret dan mudah diphami. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pembelajaran pada pembelajaran dengan menggunakan media courselab dan audio visual, mengetahui perbandingan penggunaan media pembelajaran courselab dan audio visual, mengetahui penggunaan media pembelajaran courselab dan audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa, mengetahui respon siswa setelah menggunakan media courselab dan audio visual. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif, berupa teknik pengumpulan data pretes postes, observasi, angket. Populasi seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Lebakwangi. Tehnik yang digunakan dalam pengambilan sample secara acak (puposive sample). Sample penelitian kelas XI IPA dan kelas XI IPA 2. Data dianalisis dengan uji n-gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis melalui uji Independent Sample t test. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut, hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang menggunakan media courselab dengan yang menggunakan media audio visual. Dari hasil observasi didapat bahwa aktifitas siswa pada saat pembelajaran dengan menggunakan courselab lebih baik dibanding dengan audio visual. Untuk hasil angket menunjukan siswa lebih berminat terhadap pembelajaran dengan menggunakan courselab dibandingkan dengan media audio visual. Kata Kunci : Media Pembelajaran Courselab, Media Pembelajaran Audio Visual, Hasil Belajar Siswa

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Kurikulum Terpadu
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 05 Apr 2017 04:34
Last Modified: 05 Apr 2017 04:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1728

Actions (login required)

View Item View Item