UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) MELALUI ALAT PERAGA PAPAN PLANEL PERKALIAN BILANGAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV Semester 1 Madrasah Ibtidaiyah Al Wahdah Sumber Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon)

ARIE SULASTRI, (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) MELALUI ALAT PERAGA PAPAN PLANEL PERKALIAN BILANGAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV Semester 1 Madrasah Ibtidaiyah Al Wahdah Sumber Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ARIE SULASTRI_OK-min.pdf

Download (695kB) | Preview

Abstract

ARIE SULASTRI : Pada dasarnya setiap siswa menghendaki agar memperoleh hasil belajar matematika yang maksimal. Namun pada kenyataannya masih banyak siswa yang hasil belajarnya di bawah standar yang diharapkan terutama pada pokok bahasan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK). Sebagian siswa masih belum memahami cara menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK), ditambah lagi dengan metode dan media pembelajaran yang guru terapkan bersifat monoton. Sehingga aktivitas siswa dalam pembelajaran tidak maksimal yang akhirnya berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini terjadi pada siswa kelas IV MI Al Wahdah Sumber - Cirebon. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang penggunaan alat peraga papan planel perkalian bilangan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika pokok bahasan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) di kelas IV MI Al Wahdah Sumber - Cirebon. Melihat pelaksanaan pembelajaran matematika di MI Al Wahdah Sumber - Cirebon masih bersifat konvensional dan jarang melibatkan aktivitas siswa, penggunaan alat peraga papan planel perkalian, dirasakan sangat penting untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Papan planel perkalian bilangan merupakan alat bantu belajar yang menarik perhatian siswa agar mudah menyerap materi pembelajaran serta dapat menciptakan proses belajar yang efektif dan efisien. Langkah-langkah penelitian yang digunakan adalah Teknik Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sedangkan alat pengumpul data berupa teknik observasi dan tes, yang digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan alat peraga papan planel perkalian bilangan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Peningkatan hasil belajar siswa dari hasil tes awal yang didapat rata-rata 53,70, pada siklus I naik dengan rata-rata 64,44, jumlah siswa yang mencapai nilai di atas rata-rata sebanyak 18 siswa atau 66,67% dari 27 siswa telah mengalami ketuntasan dalam belajar sedangkan 9 siswa atau 33,33% belum mengalami ketuntasan dalam belajar. Siklus II mencapai nilai keseluruhan 79,26 dengan jumlah siswa yang mencapai nilai rata-rata 25 siswa atau 92,59% telah mengalami ketuntasan dalam belajar sedangkan 2 siswa atau 7,41% belum tuntas belajar dikarenakan faktor yang menyebabkan siswa tersebut belum mendapatkan nilai yang maksimal.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 07 Apr 2017 03:19
Last Modified: 07 Apr 2017 03:19
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1751

Actions (login required)

View Item View Item