Setyawan, (2025) Analisis Konsep Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Filsafat Islam (Studi Pemikiran Ibnu Miskawaih). Masters thesis, PAI UIN Siber Syekh Nurjati.
|
Text
COVER.pdf Download (689kB) |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (326kB) |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (285kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (296kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh krisis moral generasi muda di era digital yang menunjukkan lemahnya pendidikan karakter. Globalisasi dan perkembangan teknologi informasi tidak hanya membawa kemajuan, tetapi juga memicu pergeseran nilai etika dan spiritualitas yang berdampak pada dunia pendidikan. Hal ini menegaskan urgensi pendidikan karakter Islami yang berakar pada kerangka filosofis agar mampu menjawab tantangan moral kontemporer. Tujuan penelitian adalah menggali, menganalisis, dan merumuskan konsep pendidikan karakter Islami dalam perspektif filsafat Islam, sehingga dapat memberikan dasar normatif dan filosofis bagi pengembangan teori dan praktik pendidikan di Indonesia. Fokus kajian diarahkan pada nilai-nilai tauhid, moderasi, kejujuran, tanggung jawab, dan kesalehan sosial, dengan menelaah pemikiran Ibnu Miskawaih dalam Tahdzib al-Akhlaq sebagai rujukan utama. Kerangka pemikiran penelitian ini menempatkan manusia sebagai makhluk berakal, berjiwa, dan berspiritual yang diarahkan menuju insan kamil. Pendidikan karakter dipandang sebagai proses holistik yang menyatukan aspek kognitif, afektif, dan spiritual. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif berbasis studi kepustakaan, dengan sumber primer dari karya filsuf Islam klasik dan sumber sekunder dari literatur pendidikan modern. Analisis dilakukan secara deskriptif-analitis dan reflektif dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa filsafat Islam menawarkan kerangka konseptual pendidikan karakter yang kokoh, dengan konsep insan kamil dan nilai tauhid sebagai fondasi etika, serta kejujuran, moderasi, tanggung jawab, dan kesalehan sosial sebagai prinsip utama. Pemikiran Ibnu Miskawaih relevan dijadikan model pengembangan karakter Islami yang seimbang secara rasional, emosional, dan spiritual. Temuan ini memberikan kontribusi teoritis dalam filsafat pendidikan Islam sekaligus implikasi praktis bagi perumusan kurikulum dan strategi pembelajaran di Indonesia. Kata kunci: Pendidikan Karakter, Filsafat Islam, Insan Kamil, Ibnu Miskawaih, Nilai Moral, Akhlak.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Filsafat Islam, Insan Kamil, Ibnu Miskawaih, Nilai Moral, Akhlak. |
| Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pembelajaran berbasis nilai |
| Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 03:18 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 03:18 |
| URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17570 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

