PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO COMPACT DISC (VCD) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS (Studi Eksperimen di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah An-Nur Kesambi Dalam Kota Cirebon)

DIAN FITRIANI, (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO COMPACT DISC (VCD) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS (Studi Eksperimen di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah An-Nur Kesambi Dalam Kota Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
DIAN FITRIANI-min.pdf

Download (456kB) | Preview

Abstract

DIAN FITRIANI : Bahasa Inggris merupakan pelajaran yang sulit diterima siswa karena bertolak belakang dengan bahasa Ibu atau bahasa sehari-hari yaitu bahasa Indonesia, dalam bahasa Inggris tulisan dengan bacaan atau pelafalan itu berbeda. Oleh karena itu wajar jika masih banyak siswa yang merasa kesulitan memahami pelajaran Bahasa Inggris. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut dengan menggunakan media pembelajaran Video Compact Disc (VCD) sangat membantu siswa dalam mempelajarai Bahasa Inggris. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui media pembelajaran Video Compact Disc (VCD) setelah digunakan pada pembelajaran Bahasa Inggris; (2) Untuk mengetahui respon siswa pada pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan media Pembelajaran Video Compact Disc (VCD); (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media pembelajaran Video Compact Disc (VCD) terhadap hasil belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah An-Nur Kesambi Dalam Kota Cirebon. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa media pembelajaran dalam pembelajaran Bahasa Inggris sangat berperan dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Media pembelajaran Video Compact Disc (VCD) merupakan salah satu media pembelajaran dalam membantu siswa memahami kosakata (vocabulary) mengenai profesi pekerjaan sehingga dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi What’s Your Job. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan populasinya adalah seluruh siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah An-Nur Kota Cirebon sebanyak 43 siswa. Dan sampelnya adalah sebanyak 22 siswa. Sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling, yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Dalam hal ini populasi yang akan diteliti adalah 43 orang, dalam penelitian ini terdapat dua kelas yaitu V.1 dan V.2 dimana V.1 sebagai kelas eksperimen dan V.2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes dari kelas eksperimen. Adapun untuk analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan kelinieran regresi, uji korelasi, uji thitung, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis. Pengaruh Media Pembelajaran Video Compact Disc (VCD) terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan What’s Your Job menunjukkan korelasi tinggi dan linear dengan persamaan Y = 18,471+0,968x.. Hal ini berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan dengan thitung = 7,549 dan ttabel = 2,086, sehingga thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran Video Compact Disc (VCD) terhadap hasil belajar siswa. Besarnya pengaruh adalah 73,96 % sedangkan sisanya 26,04 % dipengaruhi oleh faktor lain. 1

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 07 Apr 2017 03:34
Last Modified: 07 Apr 2017 03:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1760

Actions (login required)

View Item View Item