PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) (Studi Eksperimen di Kelas V Madrasah Ibtidaiyyah (MI) An-Nur Cirebon)

FITRIA, (2013) PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) (Studi Eksperimen di Kelas V Madrasah Ibtidaiyyah (MI) An-Nur Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
FITRIA_59471307_OK.pdf

Download (748kB) | Preview

Abstract

FITRIA : Latar belakang penulisan skripsi ini berdasarkan temuan penulis pada studi pendahuluan di MI An-Nur Cirebon. Rendahnya prestasi belajar matematika siswa diduga karena kurangnya minat dan motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika. Hal tersebut disebabkan karena guru masih menggunakan metode ceramah di dalam menyampaikan materi pelajaran matematika. Sehingga proses pembelajaran menjadi monoton dan siswa mengalami kejenuhan dalam belajar serta kesulitan dalam memahami informasi yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan STAD. Model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan STAD merupakan suatu model pembelajaran yang membentuk siswa menjadi kelompok-kelompok, setiap siswa yang ada dalam kelompok mempunyai tingkat kemampuan yang berbeda-beda (heterogen). Model pembelajaran tipe TGT menggunakan permainan yang bisa menggairahkan semangat belajar. Sedangkan pada model STAD, siswa diberikan kuis disetiap akhir pelajaran atau setelah materi ajar disampaikan kepada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode komparatif. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V (lima) Madrasah Ibtidaiyah (MI) An-Nur Cirebon yang berjumlah 44 siswa. Dengan teknik Boring Sampling, sampel yang diambil adalah siswa kelas V-1 (lima-satu) dan V-2 (limadua) yang jumlahnya adalah 44 siswa. Setelah data diperoleh, data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan uji Mann Whitney karena data yang diperoleh tidak berdistribusi normal. Adapun uji prasyaratnya adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Alat bantu (software) komputasi statistik yang digunakan adalah SPSS 16. Prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT tergolong sedang, dengan nilai rata-rata peningkatannya yaitu 0.43. Adapun prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD juga tergolong sedang, dengan nilai rata-rata peningkatannya yaitu 0.39. Dari hasil analisis diperoleh nilai signifikansi (Asym.Sig 2-tailed) sebesar 0.384 dengan taraf signifikansi 5%. Karena (Sig.(0.384) > 0.05), maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dan yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD).

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 07 Apr 2017 03:57
Last Modified: 07 Apr 2017 03:57
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1774

Actions (login required)

View Item View Item